DPRD KatinganKatingan

CJH Katingan Jalani Vaksinisasi Maningitis

“Kita berharap para calon jamaah haji selalu diberikan kesehatan hingga berangkat ke tanah suci Mekah dan kembali lagi ke daerah masing-masing,” ucap Kepala Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah, H.M Noor Fahmi, Kamis (17/3/2022).

Kasongan – Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah menghadiri kegiatan Bimbingan Manasik Haji dan Vaksinasi Maningitis Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Katingan, di Aula Kemenag Katingan, Kamis (17/3/2022).

“Kita berharap para calon jamaah haji selalu diberikan kesehatan hingga berangkat ke tanah suci Mekah dan kembali lagi ke daerah masing-masing,” ucap Kepala Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah, H.M Noor Fahmi, Kamis (17/3/2022).

Menurutnya, pemberian vaksinasi maningitis bagi para calon jemaah haji ini merupakan pertama kali di Kabupaten Katingan dan Kalteng. Mengingat di Katingan ini, baik vaksinasi, paspor dan persyaratan lainnya dan siap melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekah.

“Calon jamaah haji Katingan ada sekitar 62 orang untuk kuota pada tahun 2020, dan masih bertahan sampai saat ini 61 orang,”Ungkapnya.

Dirinya menyebutkan, setiap tahun para calon jamaah haji melakukam pendaftaran san pelunasan dari sebelumnya biaya keberangkatan haji sebesar Rp.38 juta dan pada tahun 2022 ini mengalami kenaikan mencapai Rp. 42 juta.

“Meski sampai saat ini belum ada kepastian dari pihak Arab Saudi membuka keberangkatan haji reguler ini, dan telah membebaskan karantina, serta swab antigen bagi jamaah,”Jelasnya.

Untuk itu, Kementrian Agama selalu bekerjasama dengan pihak Kesehatan, Kesra dalam keberangkatan bagi calon jamaah haji,

”Semoga saja dalam waktu dekat ini ada kepastian keberangkatan haji, dan kita sudah siap apakah 100 persen atau 50 persen dari daftar tunggu, ” terangnya.

Ia menjelaskan, saat ini ada sekitar 39.118 ribu orang dalam daftar tunggu calon jamaah haji Provinsi Kalimantan Tengah, per Kamis (16/3/2022), sedangkan di Kabupaten Katingan daftar tunggu calon jamaah haji mencapai 1.212 ribu orang.

” Lebih matang manasik haji dengan persiapan bagi calon jamaah haji, kami dari Kemenag belum memastikan kapan berangkat, serta vaksin covid juga sudah taat dengan anjuran pemerintah, punya kesabaran dan perdalam lagi ilmu manasik haji dengan kesabaran.”Tambahnya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *