Barito TimurHEADLINE

Dinilai Menguntungkan, Bupati Bartim Ajak Warganya Tanam Kelapa Sawit

"Saya memiliki pemikiran pribadi satu Kepala Keluarga di Barito Timur menanam 1 hektare kelapa sawit. Nantinya bibitnya dibantu Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait," kata Ampera A.Y Mebas, Rabu (16/3/2022).

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas menyatakan usaha perkebunan kelapa sawit lebih menguntungkan dibandingkan dengan perkebunan tebu dan karet karena rasio persentase biaya komoditas andalan Indonesia tersebut lebih rendah dibandingkan yang lain.

Selanjutnya, kelapa sawit juga bisa digunakan sebagai bahan campuran cat, bahan campuran pengolahan mentega dan sebagai bahan campuran membuat oli atau pelumas.

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas juga memiliki pemikiran agar warga di Barito Timur menanam sawit, selain itu juga warga tetap mengelola kebun karet yang sudah berjalan.

“Saya memiliki pemikiran pribadi satu Kepala Keluarga di Barito Timur menanam 1 hektare kelapa sawit. Nantinya bibitnya dibantu Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait,” kata Ampera A.Y Mebas, Rabu (16/3/2022).

Ia juga mengatakan, kedepannya sawit akan banyak diperlukan sebagai bahan baku energi terbarukan, salah satunya adalah biodiesel dari kelapa sawit. Selanjutnya akan dikembangkan menjadi 50 persen,” ujar bupati.

Mantan Anggota DPRD Tabalong ini juga mengatakan, Presiden RI Joko Widodo dalam beberapa kesempatan meminta bahan biodiesel 100 persen dari kelapa sawit.

“Prospek kedepannya kelapa sawit ini baik karena digunakan bahan membuat energi terbarukan. Karena menjadi bahan energi terbarukan artinya kelapa sawit dibutuhkan terus,” jelas bupati.

Bupati juga meminta kepada Ketua Komisi II dan Dinas terkait untuk mengkaji pemikiran dan ide yang ia sampaikan ini.

“Mudah-mudahan ide saya ini bisa dilaksanakan,” harap Ampera A.Y Mebas. (ags/sog/anggra)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *