Gunung Mas

Lomba Desa Motivasi Tingkatkan Kinerja Untuk Membangun Desa

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM,
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas telah menyelenggarakan Lomba Desa tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2018. Oleh sebab itu, Pemkab Gunung Mas menggelar acara Pemaparan Calon Juara Lomba Desa dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yulius Agau, S.Sos di Gedung Tampung Penyang Kuala Kurun, Selasa (10/04/2018).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yulius Agau mengatakan, lomba ini dilaksanakan agar lebih terbinannya kebersamaan dan rasa kekeluargaan, dan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat dan desa yang telah dicapai desa dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Selain itu, memberi motivasi kepada aparat Pemerintah Desa dan masyarakat dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Desa dan meningkatkan lembaga peran serta masyarakat dalam pembangunan desa masing-masing sekaligus termotivasinya untuk berkompetensi secara sehat dengan desa lainnya.

Kegiatan lomba desa ini juga merupakan perubahan paradigma dari membangunan desa kepada desa membangun. Dimana paradigma desa membangun adalah mendorong peningkatan SDM dan SDA untuk membangun desanya, secara swadaya. Dan dalam hal ini pemerintah berfungsi mengarahkan desa untuk mencapai kesejahteraan merata di masyarakat.

Pelaksanaan Lomba Desa tingkat Kabupaten Gunung Mas ini, sudah melewati dua tahapan penting yaitu penilaian administrasi dan klarifikasi lapangan. Tahapan selanjutnya, paparan calon pemenang lomba Desa tingkat Kabupaten Gunung Mas yang dilaksanakan hari ini, kegiatan ini merupakan akhir sebelum tim penilai menetapkan pemenang dengan keputusan Bupati Gunung Mas Drs. Arton S. Dohong.

Daftar urut paparan Calon Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gunung Mas Tahun 2018 adalah Desa Jangkit Kecamatan Rungan Hulu, Desa Balawan Mulya Kecamatan Manuhing, Desa Luwuk Tukau Kecamatan Kecamatan Manuhing Raya, Desa Rumbang Danau Kecamatan Mihing Raya, Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun, dan Desa Teluk Lawah kecamatan Tewah.

Yulius Agau mengharapkan dalam penyelenggaraan lomba desa jangan hanya dimaknai sebagai acara serimonial saja, namun merupakan kondisi rill yang ada didesa, bukan hanya saat menghadapi lomba desa.

Kepada seluruh Kepala Desa dan LKD agar terus melakukan pembinaan secara berkesinambungan, baik fisik maupun administrasi terhadap desa susuai tugas bidangnya masing-masing.

Diharapkan pada ke enam desa yang ikut pemaparan Calon Juara agar dapat melaksanakan dan memprestasikan tentang kebersihan pembangunan desa, perencanaan desa, pelaksanaan dan pertanggungjawaban terhadap desa masing-masing. Publikasi keunggulan tematik desa, serta transparansi penyelenggaraan pemerintah desa dan penjelasan secara umum tentang hubungan pemerintah desa dan BPD, lembaga Kemasyarakatan Desa, Lembaga Adat Desa serta Steakholder lainnya. (Hri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!