Gunung Mas

Layanan ‘Senyum Tabela’ KTP-el Dilaunching

LAUNCHING : Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing, didampingi Wakapolres Kompol Aries N, serta Kepala Disdukcapil Gumas, Bartel, saat membuka dan melakukan launching pelayanan “Senyum Tabela” dan sosialisasi tertib adminduk, di GPU Damang Batu, Gumas, Senin (25/4/2022). Foto.Ist

GERAK KALTENG. com – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) melakukan launching program pelayanan publik “Senyum Tabela” kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dan sosialisasi tertib administrasi kependudukan (Adminduk) dan pencatatan sipil Tahun 2022.

Wakil Bupati Gumas, Efrensia LP Umbing, membuka dan melakukan lauching secara langsung inovasi pelayanan dan kegiatan sosialisasi tersebut, di GPU Damang Batu, Gumas, Senin (25/4/2022).

Adapun dalam kesempatan itu Efrensia menyambut baik dan mengapresiasi atas kehadiran para perserta sosialisasi tertib administrasi kependudukan. Baik yang datang dari desa, kelurahan, hingga kecamatan di wilayah setempat.

“Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada peserta kegiatan sosialisasi adminduk. Ini termasuk kesiapan, dimana pada tahun 2024 mendatang akan dilaksanakannya pesta demokrasi,” ucap Efrensia.

Diungkapkan, pada tahun 2024 mendatang akan ada pemilihan umum (Pemilu). Baik itu pemilihan legislastif, Pilkada gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil bupati. Dimana semuanya tidak lepas dari data kependudukan

“Jadi akan ada pemilu serentak, dimana erat hubungannya dengan data penduduk. Seperti data pemilih, dimana kerap menjadi masalah. Nah, inilah yang harus ada ketertiban,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Gumas Barthel dalam kesempatan itu memaparkan data penduduk di Gumas per Desember tahun 2021, dimana berjumlah 130.573 jiwa, yang wajib KTP-el sebanyak 88.052 jiwa, yang sudah rekam KTP-el sebanyak 82.545 jiwa atau 93,75 persen dan penduduk.

Sementara yang belum melakukan perekaman tercatat sebanyak 5.507 jiwa. Kemudian, untuk warga yang memasuki usia 17 tahun sebanyak 2.884 jiwa.

“Kami selalu berusaha dan berupaya melakukan verifikasi dan validasi data kependudukan menjadi data konsolidasi bersih menuju data SIAK terpusat, dimana selalu ter update dengan pusat dalam percepatan kempemilikan KTP-el,”paparnya. (sst/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *