Barito Timur

Sharing Strategi Komunikasi Diskominfo Kabupaten Tabalong Kunjungi Diskominfo Kabupaten Barito Timur

Foto : Kepala Diskominfo Kabupaten Barito Timur, Dwi Aryanto.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tabalong melakukan studi banding ke Diskominfo Kabupaten Barito Timur. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sharing mengenai bidang statistik sektoral dan persandian di Barito Timur.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Kabupaten Tabalong, Zainal Hakim, menanyakan bagaimana cara pengelolaan statistik sektoral dan persandian.

Terpisah, Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur, Ari Opu Pahandrian, menjelaskan statistik sektoral dan persandian pada Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur, dibangun secara bertahap dimulai tahun 2020.

“Dukungan pimpinan Daerah Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas,” ucap Ari, Senin (22/8/2022).

Sambung Ari, Bupati Barito Timur lah yang memberi dukungan dan memperkuat Bidang Persandian dan Statistik dengan menambah kata persandian dan statistik pada Numenklatur Dinas.

“Awalnya nama dinas hanya Dinas Komunikasi dan Informatika, pada peraturan terbaru menjadi Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik,” jelasnya.

Habis itu, kata Ari, Diskominfosantik melakukan penguatan Sumber Daya Manusia. Melalui penguatan ini SDM di Bidang Statistik dan Persandian sudah memiliki kemampuan mumpuni.

“Seperti kemampuan teknis olah data dan infografis serta didukung penguasaan program aplikasi dengan tinhkatan level minimal intermediate-up, penguasaan rekayasa jaringan dan penguasaan coding pembuatan aplikasi,” kata dia.

Bukan cuma mendapatkan dukungan dari orang nomor satu di Barito Timur, tidak lepas juga dukungan penuh dari Kepala Dinas Kominfosantik untuk pengadaan sarana dan prasarana secara bertahap.

“Dengan kerja tim yang solid antar bidang lingkup Dinas Kominfosantik, maka perkerjaan Diskominfosantik yang berperan sebagai wali data relatif dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Dijelaskan mantan Sekcam Patangkep Tutui ini, Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur sudah membentuk komitmen Forum Satu Data Kabupaten Barito Timur, sehingga kegiatan Pengumpulan Data, Verifikasi Data untuk menghasilkan data-data yang valid sesuai prinsip satu data dapat dilaksanakan.

“Setelah itu masuk ke tahap publikasi untuk saat ini melalui pembuatan buku Statistik sektoral Kabupaten Barito Timur, melalui media sosial, website https://statistik.baritotimurkab.go.id/,” ujarnya.

Ujar Ari, untuk seksi persandian Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur, mempunyai inovasi E-SIGN Barito Timur, dimana sistem ini menjamin keamanan informasi dokumen elektronik seperti tandatangan-paraf koordinasi, penyimpanan arsip-arsip surat dapat dilakukan dalam sistem ini.

“Sekarang fasilitas terbaru adalah otomatis notice WA kepada user jika ada dokumen elektronik yang perlu di telaah, diparaf dan atau ditandatangan, jadi dimanapun dan kapanpun kegiatan administrasi perkantoran dapat dilakukan melalui sistem E-SIGN Barito Timur yang telah berkerjasama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN),” jelasnya.

Sebagai bukti apa yang sudah dilakukan, Bidang Statistik dan Persandian lantas dilakukan demo aplikasi E-SIGN Barito Timur oleh staf persandian M. Yuda, dari tahapan pembuatan surat, paraf koordinasi dari staf sampai Kabid, dilanjutkan Tanda Tangan Kepala Dinas dan penjelasan singkat kerja aplikasi E-SIGN Barito Timur (https://esign.baritotimurkab.go.id/).

Pada kesempatan baik ini, Diskominfo Kabupaten Tabalong, melalui Zainal Hakim, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Diskominfosantik Kabupaten Barito Timur, yang sudah menerima kunjungan dan pembelajaran ini.

“Banyak penjelasan tahapan pengelolaan statistik sektoral dan persandian di Kabupaten Barito Timur yang bisa di adaptasi/adopsi, besar harapan kedepan kunjungan ini menjadi kerjasama berkelanjutan diantara Kabupaten tetangga,” tutup Zainal Hakim. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!