DPRD Gunung MasGunung MasHEADLINE

Ini Pentingnya Pemerintah Kendalikan Penduduk

"Dari pelbagai data tersebut sehingga dapat ditetapkan dan menjadi acuan bagi pemerintah untuk menentukan arah kebijakan daerahnya ke depan," sebut Isaskar, Jumat (26/7/2019).

 

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Isaskar mengatakan, tujuan pengendalian penduduk lebih menyasar kepada penerapan grand design atau perencanaan besar di Kabupaten Gunung Mas untuk jangka panjang.

“Dari pelbagai data tersebut sehingga dapat ditetapkan dan menjadi acuan bagi pemerintah untuk menentukan arah kebijakan daerahnya ke depan,” sebut Isaskar, Jumat (26/7/2019).

Menurutnya, program keluarga berencana yakni dua anak cukup tidak berlaki di Kabupaten Gunung Mas. Pasalnya, jumlah penduduk di daerahnya terlampau sedikit ketimbang besarnya luas kawasan yang tersedia.

“Meskipun begitu, terkait jumlah anak harus menjadi tanggung jawab masing masing keluarga, mau kurang atau lebih juga boleh. Namun dengan catatan, mereka harus mapan dan sanggup menghidupi anggota keluarganya serta mampu mengatur jarak kehamilan yang ideal,” sebutnya.

Adapun manfaat utama pentingnya pengendalian penduduk di suatu daerah, ujar Isaskar, yaitu bertujuan untuk mengendalikan lingkungan/kawasan yang tersedia dan meminimalisir munculnya bencana alam.

“Banyak indikator dalam pengendalian penduduk, seperti mobilitas, kualitas, kuantitas, mortalitas penduduk hingga tingkat kesehatan masyarakat itu sendiri,” imbuhnya.

Berdasarkan data, pengendalian penduduk di Gunung Mas cenderung mengarah kepada upaya pemerataan penduduk. Sebab penduduk saat ini terpantau menumpuk di wilayah tertentu saja.

“Contohnya di Kecamatan Kurun, Tewah, Rungan, dan Manuhing. Karena empat wilayah ini paling tinggi tingkat pertumbuhan dan penumpukan masyarakatnya. Makanya perlu diperhatikan betul terkait ketersediaan daya tampung dan daya dukung di wilayah tersebut, apakah mendukung atau tidak,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!