Katingan

Banjir Landa 7 Desa di Katingan Tengah

Banjir di wilayah Kecamatan Katingan Tengah ini akibat luapan air Sungai Katingan dan Sungai Samba.

Kasongan – Banjir yang melanda wilayah Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan hingga Minggu, (22/8/2021) masih bertahan.

Banjir di wilayah Kecamatan Katingan Tengah ini akibat luapan air Sungai Katingan dan Sungai Samba.

Untuk Sungai Katingan sudah sekitar 4 hari ini meluap, mulai dari wilayah hulu atau Utara dari Katingan Tengah, seperti Kecamatan Katingan Hulu dan Kecamatan Marikit.

Dua wilayah kecamatan saat ini juga kebanjiran. Sementara Sungai Samba yang berhilir di Sungai Katingan wilayah Kecamatan Katingan Tengah juga dilaporkan meluap.

Luapan dua sungai ini kemudian menyebabkan banjir di wilayah Kecamatan Katingan Tengah bertahan sampai hari ini.

Saat dihubungi, Camat Katingan Tengah, Yoby Sandra menuturkan untuk jumlah rumah yang terdampak banjir sejauh ini masih belum diketahui secara pasti.

“Kalau rumah yang terdampak kita masih menunggu laporan dari masing-masing kepala desa,” ujarnya.

Namun yang pasti, katanya sebagian wilayah di Katingan Tengah kebanjiran, seperti Desa Samba Bakumpai, Samba Katung, Samba Kahayan, Samba Danum, Batu Badinding, Napu Sahur, dan Desa Rantau Asem.

“Untuk hari ini air sudah mulai bertahan, dan untuk ruas jalan kabupaten  menuju Tumbang Kaman pagi ini sudah bisa dilalui oleh mobil,” ujarnya.

Camat Yoby Sabdra berharap tidak ada lagi tambahan debit air. “Mudah-mudahan tidak ada penambahan debit air lagi, mengingat malam tadi di Samba hujan cukup deras dan informasi dari Sanamang, Kecanatan Katingan Hulu saat ini mengalami peningkatan debit air,” imbuhnya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!