Barito Timur

Menjaga Kelestarian Lingkungan, Wabup Lepas 24 Ribu Bibit Ikan

Foto : Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Menjaga kelestarian lingkungan Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh, melakukan penebaran 24.200 ekor bibit ikan di Dam Karau Desa Netampin Kecamatan Dusun Tengah.

Hadir mendampingi Habib Said Abdul Saleh, Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Barito Timur, Michael, Camat Dusun Tengah, Prismayandi, Kepala Bidang Perikanan, Koordinator Penyuluh Perikanan, Kepala Desa Netampin, Babinsa Netampin, tokoh masyarakat, tokoh agama, nelayan dan masyarakat.

Itu diungkap, Mishael pelepasan 24.200 ekor bibit ikan tersebut merupakan kegiatan restocking benih ikan di Cek Dam Karau Desa Netampin.

Dalam kegiatan ini, disampaikan Mishael, ini adalah hasil kerja sama Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Barito Timur bersama Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin Provinsi Kalimantan Tengah.

Tujuan restocking benih ikan itu sendiri, kata Mishael, bertujuan meningkatkan keanekaragaman jenis ikan diarea Cek Dam Karau. Pasalnya stok ikan di Kabupaten Barito Timur khususnya di perairan umum mulai berkurang akibat penangkapan yang dilakukan secara berlebihan pada musim-musim tertentu.

“Dan akibat penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan seperti putas dan setrum salah satu penyebab berkurangnya jumlah ikan di Barito Timur,” ucap Mishael, Senin 12/9/2022).

Untuk diketahui dalam acara tersebut telah ditaburkan benih ikan se jumlah 24.200 ribu benih ikan terdiri Papuyu/ Betok sebanyak 10.000 ekor, Kalabu 10.000 ekor, Gabus/Harian 3.000 ekor dan Gurami 1.000 ekor terakhir Jelawat 2.000 ekor.

“Mari kita jaga bersama ketersediaan ikan di perairan umum di wilayah Kabupaten Barito Timur. Jangan menangkap ikan dengan menggunakan putas dan setrum. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak dari sekarang kapan lagi,” tutup Mishael. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!