Gunung Mas

Bupati Gumas Sampaikan Strategi Acuan Pembangunan

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing menyampaikan terkait strategi sebagai acuan dalam melaksanakan berbagai pembangunan yang kolaboratif.

Strategi tersebut juga untuk mewujudkan belanja pemerintah yang berkualitas dan mendukung pemulihan ekonomi. “Strategi yang perlu menjadi perhatian yakni pertama dengan meningkatkan kualitas dari perencanaan penganggaran,” ujarnya, Minggu (9/4/2023).

Caranya yakni dengan melalui review Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) secara berkala dan dalam hal diperlukan penyesuaian kebijakan pusat maka segera dilakukan revisi DPA, memastikan seluruh kegiatan telah dilengkapi jadwal, pelaksanaan, dan memastikan perubahan kebijakan tidak berdampak pada proyek strategis daerah. Termasuk, meningkatkan disiplin pelaksanaan anggaran, dengan cara memastikan DPA menjadi alat kendali bagi perangkat daerag dalam mencapai kinerja.

“Hasil serta sasaran kegiatan memastikan kegiatan DPA dilaksanakan, melalukan pelaksanaan tepat waktu, dan meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi anggaran” sebutnya.

Selain itu, melakukan percepatan yang inovaif, dengan cara menetapkan SOP pelaksanaan kegiatan bagi yang belum mempunyai SOP, mempercepat penyelesaiakan dokumen pendukung seperti perizinan, Detail Engineering Design (DED) , kesiapan lahan dan penetapan lokasi yang diperlukan untuk menghindari tertundanya pelaksanaan.

“Termasuk melakukan optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan,” imbuhnya.

Strategi selanjutnya yakni melalukan percepatan pengadaan barang/jasa, meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja dan meningkatkan monitoring dan evaluasi.

“Meningkatkan monitoring dan evaluasi bisa dilakukan dengan cara identifikasi kendala-kendala pelaksaan kegiatan yang selalu muncul dan menyiapkan pemecahan masalah untuk mengatasi kendala tersebut,” paparnya.

“Selain itu memastikan pengguna anggaran melakukan monitoring dan evaluasi secara periodik, meningkatkan peran APIP mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggung jawaban serta menjadikan APIP sebagai mitra kerja dalam mengawal pelaksanaan kegiatan,” pungkasnya. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!