Gunung Mas

Disdikpora Gumas Gelar Peningkatan Kompetensi Guru

KUALA KURUN- Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gumas melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi Guru Pembelajaran Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau MGMP Matematika di wilayah setempat.

Plt Kepala Disdikpora Gumas Aprianto mewakili Bupati mengatakan, peningkatan kompetensi ini berdasarkan UU No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Mempersyaratkan guru untuk memiliki kualifikasi akademik, memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan memiliki sertifikat pendidik.

“Dengan berlakunya UU No 14 Tahun 2005 ini diharapkan memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya melalui pelatihan, penulisan karya ilmiah, dan pertemuan guru-guru salah satunya seperti kegiatan pertemuan MGMP ini,” kata Aprianto, Senin (28/11/2022).

Menurut dia, adanya kegiatan MGMP memiliki penting peran pengembangan profesionalisme guru. Maka tujuannya yakni meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam mendukung kegiatan belajar mengajar, proses sebagai wadah diskusi menyetarakan kemampuan guru dibidangnya serta memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, MGMP juga sebagai forum untuk saling berbagi Ilmu meningkatkan dan pengetahuan agar kemampuan pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, efektif, dan menyenangkan. Selain itu memeberikan kesempatan kepada kelompok kerja untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.

“Kita harapkan agar bisa membantu anggota kelompok musyawarah kerja dalam meningkatkan pengetahuan kompetensi, kinerja dan pembangunan profesionalisme guru, dan meningkatkan mutu proses pendidikan serta pembelajaran yang hasilnya untuk perserta didik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Yusali Agustin menjelaskan tujuan dari kegiatan yakni untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru dalam proses kegiatan belajar dan mengajar, yang meliputi persiapan pelaksanaan dan evaluasi hasil pemblajaran.

“Sedangkan untuk lama kegiatan dilaksanakan tiga hari, mulai dari tanggal 28-30 November, kemudian persertanya dari MGMP Metematika sebanyak 50 orang guru SMP mata pelajaran Matematika,” tandas Yusali. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *