DPRD Kotawaringin Timur

Lakukan Pemuktahiran Data Jumlah  Penduduk  di Dapil V

SAMPIT – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H Hairis Salamad meminta pemerintah daerah melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk melakukan evaluasi jumlah penduduk di wilayah utara daerah  ini. Khususnya daerah pemilihan  (Dapil) V yang meliputi Kecamatan Antang Kalang, Telaga Antang, Tualan Hulu, Mentaya Hulu, Bukit Santuai dan Parenggean.

“Kami meminta agar Disdukcapil dapat melakukan pemuktahiran data kembali, mengingat pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2014 dapil V mendapat sembilan kursi, sementara pileg 2019 berkurang satu kursi dipindah ke dapil I, sehingga menjadi delapan kursi,” kata Hairis Salamad, Senin (7/11/2022).

Menurutnya dengan pemuktahiran data kembali maka diharapkan agar satu kursi yang pindah pada pileg tahun 2019 lalu dapat kembali lagi ke dapil V, karena data di enam kecamatan bertambah penduduknya dan diperkirakan selisihnya sekitar 2.000 penduduknya dengan Dapil I Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

“Kami harapkan Disdukcapil dapat mengevaluasi lagi agar data sistem sesuai, tidak mungkin dari tahun 2015 hingga tahun 2022 ini jumlah data penduduknya tetap itu-itu saja, pastinya ada penambahan. Maka kami berharap satu kursi yang pindah kedapil I dapat kembali ke dapil V lagi, atau akan ada penambahan kursi lagi,” ujar Hairis.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengatakan jangan sampai ada indekasi kecurangan didalam mengunakan data, karena data di dapil V dan Disdukcapil Kabupaten Kotim ada selisih jauh hingga sampai  puluhan ribu lebih. Karena pemilih pemula tidak tercatat dan orang meninggal juga masih terdaftar. Ini juga harus diperhatikan oleh pihak Disdukcapil.

“Sama-sama kita mengawasi kalau memang ingin sebuah kepastian hukum, kejujuran dalam politik, agar lahir tokoh yang kredibel, yang berjuang untuk masyarakat maka harus benar dulu serta sistemnya diperbaiki karena awalnya baik maka hasilnya nanti akan baik juga,” pungkasnya. (arl/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!