Katingan

Pemkab Katingan Hibahkan Dana Untuk Kegiatan Tiwah Massal

Pemerintah Daerah (Pemda) Kapubaten Katingan menghibahkan dana senilai Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah) diperuntukan kegiatan ritual tiwah di Kecamatan Katingan Hulu.

Kasongan –  Pemerintah Daerah (Pemda) Kapubaten Katingan menghibahkan dana senilai Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah) diperuntukan kegiatan ritual tiwah di Kecamatan Katingan Hulu.

Ritual keagamaan tiwah massal ini dilaksanakan di desa Tumbang Kuai, Kecamatan Katingan Hulu yang dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 26 hingga 27 november.

Seperti yang Bupati Katingan Sakariyas saat dikonformasi, senin (28/11/2022) dikantor Bupati Katingan mengatakan bahwa dana hibah yang diberikan itu merupakan dukungan pemerintah terhadap ritual adat yang ada di Bumi Penyang Hinje Simpei.

“Tiwah massal seperti yang dilaksanakan di desa Tumbang Kuai ini, setiap tahun nya akan terus dilaksanakan dan pemda katingan akan terus mensuport hal tersebut,” Imbuhnya.

Sakariyas juga menuturkan, bahwa setiap tahun tempat pelaksanaan tiwah massal akan dilaksanakan di kecamatan lainnya.

Sementara itu Camat Katingan Hulu Aldo Valensia, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Katingan yang telah memberikan dukungan untuk pelaksanaan kegiatan tiwah diwilayahnya.

“Kami sampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Bupati Katingan atas dukungan baik  moril dan material  untuk Tiwah masaal kali ini,” tuturnya.

Dirinya sangat  berharap kegiatan adat budaya itu  selalu diadakan dan bisa menjadi agenda rutin tahunan terutama di kecamatan Katingan  Hulu.

Kemudian Camat juga menyebutkan, bahwa dalam pelaksanaan tiwah massal ini melibatkan cukup banyak kepala keluarga yang bergabung.

Sekadar informasi, untuk pelaksanaan Tiwah merupakan suatu prosesi  dalam agama Hindu Kaharingan. Dalam praktik pelaksanaannya membutuhkan dana cukup besar seperti menyediakan kerbau, babi serta hewan ternak lainnya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *