Kotawaringin Timur

Ponpes Berkontribusi di Bidang Pendidikan dan Keagamaan

SAMPIT – Bupati Kotim Halikinnor bersama Wakil Bupati Irawati bersilaturahim ke Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilal Muhtadin di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan dan Tahfidzul Qur’an Darul Iman di Kecamatan Pulau Hanaut, dalam kunjungan ini rombongan bupati sekaligus memberikan paket bantuan.

“Pondok pesantren membantu menampung para santri di tengah sekolah-sekolah umum yang sudah melebihi kapasitas. Ini sangat membantu sehingga anak-anak kita bisa menikmati pendidikan”, kata Halikin, Sabtu (5/11/2022).

“Pemkab Kotim berterima kasih kepada pondok pesantren yang ada di daerah ini karena telah berkontribusi membantu pemerintah, khususnya dalam hal pendidikan dan pembinaan umat”, ucapnya.

“Pondok pesantren memberi penguatan pendidikan agama, ini sangat penting agar generasi muda memiliki bekal agama dan moral yang kuat sehingga tidak mudah terjerumus pada kegiatan negatif seperti narkoba dan pergaulan bebas”, lanjutnya lagi.

Selain pendidikan agama, pondok pesantren juga memberikan pelajaran umum sehingga para santri mendapatkan pengetahuan yang lengkap sebagai bekalnya di kemudian hari.

Namun karena pondok pesantren selama ini hanya mengandalkan kemampuan operasional secara swadaya, sehingga hal tersebut membuat banyak pondok pesantren dihadapkan pada keterbatasan untuk mengembangkan kemampuannya.

Melihat kondisi ini, tidak berlebihan jika pemerintah daerah juga memberi perhatian kepada pondok pesantren.

“Pemerintah berupaya semampunya membantu sesuai kemampuan keuangan daerah, kami berupaya semaksimal mungkin membantu agar pondok pesantren tetap eksis berkiprah membantu umat”, pungkas Halikinnor. (Tbk/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *