Gunung Mas

Jelang Nataru, Harga Bapok di Gumas Masih Stabil

KUALA KURUN – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada bulan Desember 2022, untuk harga kebutuhan pokok (Bapok) diwilayah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dinilai masih stabil. Hal ini berdasarkan hasil yang didata dari Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gumas tercatat dari bulan Oktober hingga bulan Desember dengan harga masih normal.

Kepala DPKP Kabupaten Gumas Hansli Gonak mewakili Bupati menjelaskan, terkait harga kebutuhan pokok di wilayah setempat dinilainya masih stabil. Sesuai data dari bulan lalu ada sebagian harga yang masih tetap, seperti beras hingga kebutuhan lain dengan harga tetap standar.

“Untuk harga bapok di Gumas bervariasi, ada sebagian saja yang mengalami kenaikan, tetapi banyak yang masih harga stabil. Artinya tidak ada lonjakan seperti beras premium perkilonya mencapai Rp 16 ribu sama seperti bulan lalu,” ucap Hansli Gonak, Jumat (16/12/2022).

Lalu ada juga yang mengalami kenaikan, jelas dia, seperti jenis bahan makanan beras hibrida naik sekitar Rp 1000, per Kg dari harga sebelumnya hanya Rp 11 ribu. Kemudian, beras sari wangi mencapai Rp 14 ribu, beras merk karang dukuh mencapai Rp 16 ribu.

Selain itu katanya, bawang putih dengan harga Rp 40 per Kg, namun untuk harga daging sapi ada penurunan dari harga awal Rp 160 ribu, dan turun sekitar Rp 155 ribu. Lalu, ada daging ayam turun dari Rp 50 ribu menjadi sekitar Rp 45 ribu.

“Yang mengalami penurunan harga seperti cabai rawit dari harga Rp 100 ribu, turun jadi Rp 90 ribu per Kg dan untuk harga kebutuhan barang lainnya harga masih tetap,” ujar dia.

Sedangkan utuk ketersedian bapok di daerah kecamatan dikatakannya khususnya di Gumas mulai dari beras, garam, ikan, tepung, telor, susu, cabai, kacang, sayur dan lain-lainnya dinilai masih cukup serta harganya pun masih normal.(san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *