HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Syukuran Hari Lalu Lintas ke-65 Tahun Dihadiri Sekda Kalteng

"Merespon kebutuhan masyarakat yang mengharapkan pelayanan dengan berbagai kecanggihan dan kemajuan teknologi, maka polisi lalu lintas terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," imbuhnya.

GERAKKALTENG – PALANGKA RAYA – Wakili gubernur H. Sugianto Sabran, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri menghadiri syukuran Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-65 sekaligus Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng tahun 2020 di aula pertemuan Hotel Bahalap Kota Palangka Raya, Selasa (22/9/2020).

Adapun tema Hari Lalu Lintas kali ini, yaitu Implementasi E-Policing pada Fungsi Lalu Lintas di Era Digital menuju Indonesia Emas 2045.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri dalam amanat tertulis yang dibacakan Wakapolda Kalteng, Brigjen Pol. Indro Wiyono menjelaskan bahwa tema tersebut  merupakan penjabaran dari program prioritas Polri, khususnya untuk mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya atau Promoter.

“Merespon kebutuhan masyarakat yang mengharapkan pelayanan dengan berbagai kecanggihan dan kemajuan teknologi, maka polisi lalu lintas terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 maka Polisi Lalu Lintas (Polantas) mempunyai tugas dan tanggung jawab, antara lain: mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, dan kelancaran, serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas); meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas; membangun budaya tertib berlalu lintas; dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik. Keempat tugas itu merupakan hal kompleks yang tidak bisa ditangani Polantas sendiri, namun memerlukan sinergitas dengan mitra dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Sebagai bentuk apresiasi kepada Mitra Dirlantas, pada acara ini dilakukan penyerahan penghargaan kepada beberapa Kepala Instansi Pemerintahan atas dedikasinya turut mewujudkan Kamseltibcarlantas kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng, Shalahuddin, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kalteng, Yulindra Dedy, dan Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Kalteng, M. Iqbal Hasanuddin. Penghargaan juga diberikan kepada para personel Lantas yang berprestasi,” sebutnya.

Acara dilanjutkan  dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) Aplikasi Traffic Accident Claim System (TACS) antara Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalteng Kombespol Jafar Sodiq, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul, Kepala Cabang PT. Jasa Raharja Kalteng dan Kepala Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Palangka Raya, Muhammad Masrur Ridwan.

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo didampingi Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kabinda Kalteng Brigjen Pol. Slamet Urip Widodo, Wakapolda Brigjen Pol. Indro Wiyono, dan Wakajati Marang, yang selanjutnya langsung melakukan launching atau peluncuran aplikasi TACS.

TACS itu sendiri merupakan aplikasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas), untuk mendapatkan penanganan dan perawatan medis, kepastian hukum, serta mendapatkan jaminan dari Jasa Raharja.

“Korban laka lantas nantinya cukup menunjukkan kartu identitas diri kepada Polantas atau pihak rumah sakit, yang selanjutnya akan mengisi data diri korban pada aplikasi, sehingga dalam waktu yang relatif cepat, proses penanganan medis atau klaim santunan uang dapat diserahkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kegiatan ini dirangkai juga dengan Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng Tahun 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan oleh perwakilan sejumlah partai politik (parpol). Pada kesempatan ini dilaksanakan pula penyerahan secara simbolis bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari PT Jasa Raharja kepada Polda Kalteng. Selain itu, ada juga pengumuman para pemenang berbagai lomba dalam rangka HUT Lalu Lintas Tahun 2020. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!