DPRD Kota Palangka Raya

Konsep Sustainable Waste Management Kelola Sampah

Foto : Nenie A Lambung

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung menyarankan, agar Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui instansi terkaitnya dapat menerapkan konsep Sustainable Waste Management dalam pengelolaan sampah.

“Konsep Sustainable Waste Management adalah konsep engelolaan sampah berkelanjutan yang berwawasan lingkungan,” ungkap Nenie, Sabtu (11/2/2023), di Palangka Raya.

Srikandi DPRD Palangka Raya dari Fraksi PDI Perjuangan ini yakin, upaya pengelolaan sampah dari pembuangan, pengumpulan, pengangkutan, perawatan, akan dapat dilakukan dengan baik apa bila diiringi monitoring dan regulasi manajemen sampah atau konsep sustainable waste management.

Tentu dengan adanya penanganan pengelolaan sampah tersebut, tidak hanya berkontribusi pada bidang ekonomi saja, namun juga di bidang sosial dan mendukung tujuan pembangunan.

”Adapun konsep pengelolaan sampah yang sustainable waste management lebih mendorong pada upaya mewujudkan kerjasama kemitraan antara pemerintah dan partisipasi masyarakat. Karena itu diharap Pemko Palangka Raya bisa menerapkan konsep ini,”tambahnya.

Sejatinya imbuh Nenie dalam pengelolaan sampah hendaknya tidak lepas dari inovasi instansi terkait. Terlebih daerah perkotaan, khususnya Kota Palangka Raya ini memiliki masalah seputar sampah yang begitu besar.

”Karena itu perlu ditangani, dengan menerapkan konsep sustainable waste management, sehingga didapat pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya yang lebih tersistem dan terencana,” pungkasnya.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!