Barito Timur

Prakiraan Cuaca Kabupaten Barito Timur dan Sekitarnya

Foto: Ilustrasi.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Barito Timur mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Selasa, 30/1/2024). Untuk wilayah Kabupaten Barito Timur dan sekitarnya.

BMKG memperkirakan cuaca sebagian besar Kabupaten Barito Timur untuk hari ini dalam kondisi berawan pada pagi sampai sore dan dilanjutkan hujan ringan pada malamnya.

“Untuk wilayah Kecamatan Patangkep Tutui dalam kondisi hujan ringan kemudian berawan, kemudian hujan petir pada siang hari hingga pada malam harinya,” kata Ahmad Gazali.

Ujarnya, karena dinamisnya kondisi atmosfer dan interaksinya dengan samudera lautan di wilayah kepulauan Indonesia, dan keadaan cuaca dapat berubah sewaktu-waktu.

“Jika ditinjau dari prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Kabupaten Barito Timur dalam kategori waspada pada wilayah tertentu, adanya dampak yang mungkin terjadi seperti sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagai kelompok masyarakat terisolir, mulai terjadi kerusakan pada rumah dan bangun lainnya,” jelasnya.

Perlu diketahui, kata Ahmad Gazali, sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak, jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, gangguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup. Mulai terjadi kerusakan pada jalan dan jembatan, gangguan skala sedang dan jangka menengah pada layanan air bersih minum, listrik, dan gas.

Gangguan skala sedang dan jangka menengah pada operasional sekolah dan rumah sakit, mulai terjadi kerusakan pada tanggul-tanggul sungai, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, mulai terjadi wabah penyakit menular, volume aliran sungai meningkat banjir, terjadi kerusakan pada sebagian tananam, terjadi pendangkalan pada sungai dan bendungan hingga tidak berfungsi, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala menengah.

“Jika dilihat dari data BMKG terkait data potensi banjir wilayah Barito Timur, terjadi pada tingkat rendah pada Kecamatan Awang, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui dan Pematang Karau,” katanya.

Dirinya menghimbau, masyarakat harus selalu waspada mengingat kondisi hidrogeologi dinamis dan beberapa faktor lain yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Untuk potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Timur ditinjau dari tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah (FFMC), wilayah Barito Timur dalam kategori aman.

“Alang-alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi basah sehingga sulit terbakar. Mengingat adanya potensi karhutla maka diharapkan agar semua pihak dapat berhati-hati dan saling menjaga dan berkerjasama sehingga bencana tersebut dapat dicegah,” pintanya.

Kepala BPBD – Damkar ini meminta, kepada masyarakat Barito Timur untuk selalu memperbarui informasi terkait prakiraan cuaca dan kebencanaan, tidak beraktivitas diluar rumah jika tidak mendesak dan tetap berhati-hati jika beraktivitas diluar rumah.

“Masyarakat juga diharapkan untuk selalu berhati-hati dan selalu memantau perkembangan kondisi sekitar sehingga resiko bencana dapat diantisipasi, dikurangi dan ditanggulangi,” demikian. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!