HEADLINEHukum dan KriminalKalimantan Tengah

BNNP Kalteng Tes Penggunaan Narkoba Bagi Awak Pesawat di Bandara Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA – Guna memastikan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, jajaran Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Tengah melakukan tes urine kepada awak pesawat yang ada di Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, Rabu (19/4/2023).

Pelaksanaan tes urine atau tes penggunaan narkoba ini, dipimpin langsung Kepala BNNP Kalteng, Brigjen. Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si. Kegiatan ini juga aka dilakukan hingga arus balik nantinya dan terwujud dari sinergitas antara BNNP Kalteng dan PT. Angakasa Pura II Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan mudik melalui jalur udara.

Dalam pelaksanaan tersebut, tim BNNP Kalteng melakukan pemeriksaan secara acak pada 13 awak pesawat, baik Kapten Pilot, Co Pilot, Pramugari maupun Pramugara dari beberapa maskapai. Hasilnya, tidak ditemukan adanya awak maskapai penerbangan yang positif terindikasi menggunakan narkoba.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para penyelenggara penerbangan dapat secara periodik melakukan tes urine narkotika untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang sehingga industri penerbangan di Indonesia bersih dari segala bentuk penyalahgunaan narkotika” ungkap Sumirat dalam rilisnya.

Kepala BNNP Kalteng ini juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan pemeriksaan urine terhadap para awak pesawat ini diharapkan untuk memastikan bahwa seluruh awak pesawat maskapai tersebut dalam keadaan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Sehingga masyarakat yang mudik dapat nyaman dan aman selama perjalanan pulang kampung ke daerah masing-masing.

Selain itu di BNNK Palangka Raya dan BNNK Kotawaringin Barat telah dilakukan deteksi dini melalui tes urine terhadap Crew moda transportasi darat seperti Bus Angkutan Antar Kabupaten dan Provinsi di terminal-terminal, adapun hasil pemeriksaan urine juga tidak ditemukan indikasi penyalahgunaan narkotika. (rls/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!