HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Kadislutkan Kalteng Sambangi Kelompok Usaha Perikanan Kabupaten Kapuas

"Saya mengajak kelompok millenial dan paguyuban untuk mengembangkan wirausaha perikanan, antara lain budidaya ikan patin dari pembenihan, pengolahan sampai ke pemasaran, bisa antar provinsi bahkan potensi ekspor ke Arab Saudi," ucap Darliansjah.

Gerakkalteng.com – Kuala Kapuas – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Darliansjah ikut mendampingi kunjungan kerja (kunker) Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran ke pasar penyeimbang yang berlokasi di Kantor Kelurahan Selat Dalam Kabupaten Kapuas, Selasa (18/4/2023). Di sela-sela kunjungan tersebut, Darliansjah sambangi kelompok usaha perikanan, bertempat di Jalan Pemuda Kabupaten Kapuas.

Melihat potensi kelautan dan perikanan Kabupaten Kapuas saat ini, wirausaha perikanan budidaya ikan patin baik dari pembenihan, pengolahan dan pemasaran harus dikembangkan. Pengembangan wirausaha ini agar pemasaran bisa lebih luas, mulai dari antar provinsi hingga potensi ekspor.

“Saya mengajak kelompok millenial dan paguyuban untuk mengembangkan wirausaha perikanan, antara lain budidaya ikan patin dari pembenihan, pengolahan sampai ke pemasaran, bisa antar provinsi bahkan potensi ekspor ke Arab Saudi,” ucap Darliansjah.

Sejalan dengan arahan Gubernur Sugianto Sabran, Darliansjah juga meminta agar kelompok millenial perikanan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan pemangku kepentingan lainnya.

“Saya berharap sinergi itu bisa dengan memanfaatkan peluang di Kawasan food estate untuk mengembangkan budidaya ikan lokal misalnya ikan Gabus, ikan Betok dan lain-lain,” tambah Darliansjah.

Di akhir pertemuannya, Darliansjah memberikan bingkisan Idulfitri berupa sarung kepada seluruh anggota kelompok yang hadir.

Sebagai informasi, kunker Gubernur Sugianto Sabran ke Kabupaten Kapuas ini bertujuan untuk menekan angka inflasi di Kalteng. Pada kunker ini, Gubernur menggratiskan 1.000 paket sembako yang disediakan untuk masyarakat Kelurahan Selat Dalam Kabupaten Kapuas, yang berisikan beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, dan teh celup 1 kotak.

Turut hadir mendampingi Kadislutkan Prov. Kalteng, Anggota Muhammadiyah, Pakowojo, Patri, Millenial dan Balakar.

(Dn/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!