Kalimantan Tengah

Kolaborasi Tingkatkan Budidaya Perikanan di Kalteng

Foto : Kadislutkan Kalteng, Darliansjah bersama Kepala Unit Pelayan BPBAT, Evalawati

GERAKKALTENG.com – Palangka Raya – Unit Palayanan Teknis Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPBAT), Mandiangin, Provinsi Kalimantan Selatan, menjadi tujuan dari kegiatan kunjungan kerja Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng, Darliansjah.

“Kunjungan ini guna menjalin kerja sama dengan UPT BPBAT Mandiangin dan menjalin sinergisitas serta berkolaborasi untuk program pembangunan sektor budidaya perikanan di kawasan food estate di Kalimantan Tengah,” kata Darliansjah, di sela-sela kunjungannya,Jumat (28/4/2023).

Lebih lanjut Darliansjah menjelaskan, kawasan food estate merupakan program nasional yang menjadikan Kalteng sebagai lumbung pangan. Termasuk budidaya ikan yang akan diintegrasikan dengan pertanian yang menggunakan konsep budidaya tertentu.

“Seperti program unggulan model kampung budidaya ikan patin terintegrasi berorientasi ekspor di Basarang, yang nantinya memerlukan kolaborasi Kalteng dengan BPBAT Pemkab. Kapuas, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University,” benernya.

Sementara itu, Evalawati selaku Kepala UPT. BPBAT Mandiangin, mengapresiasi yang dilakukan oleh Dislutkan Kalteng.

“Tentu kami menyambut baik adanya kunjungan ini dan siap meningkatkan sinergisitas untuk dapat bekerja sama di sektor kelautan dan perikanan khususnya pembangunan kawasan food estate di Kalteng,”tuturnya.

Dalam kesempatan itu Evalawati menerangkan, bahwa wilayah kerja mencakup delapan provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Bali, NTB dan NTT.

“Perlu diketahui, dalam beberapa kesempatan telah dilakukan distribusi benih ke beberapa kabupaten di Kalteng yaitu sebanyak 1.200.000 ekor benih ikan Patin, Nila dan Papuyu,” pungkasnya. (Red/Vd/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!