Gunung Mas

Wujudkan Gumas Sehat Melalui Kegiatan Terintegrasi

KUALA KURUN – Guna mewujudkan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) sehat, diperlukan berbagai kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Untuk mewujudkan Kabupaten Gunung Mas yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah, ” ujar Kepala Bappedalitbang Yantrio Aulia selaku ketua tim pembina Kabupaten Sehat, Selasa (18/4/2023).

Dikatakannya, dalam pelaksanaan Kabupaten Sehat, maka melibatkan kerjasama lintas sektor dalam melaksanakan 9 tatanan yang wajib harus dilaksanakan. Sembilan tatanan tersebut yakni kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, pemukiman dan fasilitas umum, pasar rakyat sehat.

Termasuk, satuan pendidikan, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial dan pencegahan dan penanganan bencana.

Dikatakannya, pelaksanaan kabupaten/kota sehat merupakan bagian yang sangat strategis di antaranya dalam pencegahan stunting melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Penyelenggaraan Kabupaten Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten untuk mewujudkan kabupaten sehat melalui Forum Kabupaten Sehat yang sudah dibentuk Bupati Gumas dalam mendukung pelaksanaan tatanan tersebut di masyarakat.

“Tim Pembina Kabupaten Sehat bersama Forum Kabupaten Gunung Mas Sehat beberapa waktu yang lalu, sudah melakukan kaji tiru ke Kabupaten Banyuwangi dan Bali, guna belajar terkait penyelenggaraan Kabupaten Sehat dan diharapkan itu bisa memberikan masukan, gambaran dan pelajaran yang baik untuk Kabupaten Gunung Mas ke depan, ” pungkasnya. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!