Kotawaringin Timur

Bupati Kotim Pantau Langsung Uji Coba Ekskavator Amfibi

KOTIM – Bupati Kotim H.Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan Plt.Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kaspulzen Heriyanto, menyaksikan uji coba ekskavator amfibi yang mampu untuk mengeruk pendangkalan sungai, Jum’at (30/06/2023).

Ekskavator amfibi berbobot 8 ton seharga Rp5,3 miliar atau dua kali lipat dari harga ekskavator biasa ini adalah kombinasi rakitan dari luar dan dalam negeri.

“Ekskavator amfibi ini bisa mengeruk pendangkalan sungai mulai dari wilayah atas, alur, sampai ke muara sehingga aliran air menjadi lancar,” kata Halikin, usai uji coba.

“Pendangkalan akibat sedimentasi lumpur menyebabkan sungai-sungai kecil dalam Kota Sampit di wilayah Kecamatan MB.Ketapang dan Baamang ini tidak maksimal mengalirkan air ke Sungai Mentaya sehingga menyebabkan banjir,” jelasnya.

Halikin menyebutkan, penanganan selama ini tidak optimal karena banyak rumah warga di pinggir sungai-sungai kecil yang berada dalam Kota Sampit.

“Dengan menggunakan ekskavator amfibi ini kita berharap penanganannya dapat lebih mudah dan lebih maksimal karena ekskavatornya bisa turun langsung ke sungai,” ujarnya.

Ia berharap keberadaan ekskavator amfibi ini dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

“Mudah-mudahan ekskavator amfibi ini bisa optimal dalam upaya penanggulangan banjir di Sampit,” tandas Halikin. (Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!