DPRD Kota Palangka Raya

Pilih Ekskul yang Tepat Untuk Peserta Didik

GERAKKALTENG.com – Palangka Raya – Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya Sigit Widodo meminta sekolah-sekolah untuk dapat memilih kegiatan dalam ekstrakulikuler (ekskul) yang aman dan bermanfaat.

 

“Aman, dalam arti tidak beresiko atau tidak berbahaya bagi peserta didik. Namun sebaliknya bermanfaat bagi peserta didik,”ungkapnya, Jumat (30/6/2023).

 

Lebih lanjut legislator muda dari PDI Perjuangan Kota Palangka Raya ini mengatakan,

pendidik atau pembina maupun inisiator kegiatan ekstrakulikuler disekolah, hendaknya bisa memilah-milah ketika melaksanakan kegiatan yang melibatkan peserta didik. Terlebih dalam jumlah besar.

 

“Pilih dan kedepankan prestasi anak didik dalam mengembangkan pendidikan atau sikap karakter. Jadi bukan mengedepankan fisik yang berbahaya,”terangnya.

 

Memang lanjutnya, kegiatan fisik dalam sebuah kegiatan ekstrakulikuler, seperti Pramuka, PMR atau kegiatan yang mengedepankan kedisiplinan selalu ada diwarnai dengan fisik. Hanya saja fisik yang dimaksud tidak beresiko mengancam keselamatan.

 

Selain itu masih banyak kegiatan ekstrakulikuler disekolah yang bisa diterapkan. Termasuk yang bisa menyesuaikan era kekinian. Sebut saja mengasah kemampuan menjalankan teknologi digital.

 

Atau bisa juga melaksanakan kegiatan yang bisa memberikan pesan moral positif kepada generasi penerus. Seperti kerja bakti atau gotong royong membersihkan sekolah, berkebun atau kegiatan ringan lainnya.

 

“Lebih baik lagi jika pihak sekolah bisa membuat ekstrakulikuler khusus anti narkoba. Penyalahgunaan narkoba.jika tidak dicegah dari sekarang dikhawatirkan akan membuat kehilangan generasi penerus yang bebas narkoba,” tandasnya.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!