Barito Timur

Bupati Hadiri Festival Nariuk III Bersama Masyarakat

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas untuk kesekian kalinya hadir khusus bersama masyarakat Desa Pulau Patai dalam festival Nariuk III. Salah satu rangkaian festival Nariuk III tahunan yakni tradisi menangkap ikan pakai alat tradisional.

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas yang ditemui diantara ratusan masyarakat menyampaikan salut kepada masyarakat yang telah turun temurun melestarikan tradisi ini.

Ia juga menyampaikan terimakasih karena setiap momen festival Nariuk III selalu diundang khusus untuk hadir menyaksikan.

“Jadi Nariuk III ini, agendanya kearifan lokal dari pada masyarakat. Maksudnya Nariuk ini sebenarnya kalau kita melihat bahwa kandidat bukan untuk menghabiskan ikan dapatnya tidak banyak, mereka tidak untuk di jual hanya untuk konsumsi masing-masing itu sebenarnya maknanya, artinya sistem terjaga kelangsungan kehidupan ikan itu sebenarnya maknanya,” kata Ampera A.Y Mebas, Minggu (2/7/2023).

Karena itu, saya sangat antusias menghadiri kegiatan festival Nariuk III ini. Jadi masyarakat sudah memenuhi kawasan aliran sungai pulau patai untuk menunggu momen menangkap ikan ini.

Tradisi festival Nariuk III ini hanya dilakukan setahun sekali. Tak heran jika masyarakat sangat antusias untuk mengikuti festival Nariuk III ini. Apalagi kawan Nariuk III memiliki potensi yang luar biasa.

“Supaya level lokal ini kebudayaan artinya, supaya terus diadakan. Ini yang ke III dan nanti mudah-mudahan juga yang di dukung pemerintah lewat pariwisata agar lebih menarik,” kata orang nomor satu di Barito Timur.

Turut mendampingi, Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas berserta istri, Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh, Sekertaris Daerah Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Timur, Herawani, (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!