DPRD Kota Palangka Raya

Maksimalkan Mencegah Illegal Fishing saat Kemarau

Foto Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Anna Agustina Elsye

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya -Pihak Dinas Perikanan (Diskan) Kota Palangka Raya, mengingatkan warga setempat, terutama mereka yang melakukan aktivitas usaha ikan tangkap maupun nelayan, untuk tidak melakukan aktivitas ilegal fishing.

Kekhawatiran pihak Diskan tersebut bukanlah tanpa sebab, mengingat surutnya volume air di danau ataupun di sungai akibat musim kemarau yang terjadi sekarang ini, sangat rawan akan aktivitas ilegal fishing yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Diharapkan Dinas Perikanan dapat terus memaksimalkan upaya mencegah penangkapan ikan secara tidak sah atau illegal fishing tersebut,”ungkap Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye, Kamis (24/8/2023) di Palangka Raya.

Menurut Anna, semua perangkat sektor perikanan harus dioptimalkan perannya dalam mencegah terjadinya aktivitas illegal fishing. “Seperti yang pernah saya sampaikan, bahwa pentingnya peran kelompok masyarakat pengawas atau Pokmasawas dalam rangka mencegah illegal fishing,”ujarnya menambahkan.

Terlepas dari itu srikandi DPRD Palangka Raya ini memberikan apresiasi atas kesigapan Pemko Palangka Raya melalui instansi terkaitnya, dalam mencegah kerusakan ekologi perairan yang telah dijalankan sejauh ini.

Terpisah Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi mengatakan, surutnya volume air di danau ataupun di sungai akibat kemarau saat ini, mpembuat ikan-ikan akan berkumpul pada suatu tempat yang cukup dalam. Dimana, hal ini akan memudahkan untuk menangkap ikan. Terlebih jika menggunakan alat yang tidak ramah lingkungan atau berbahaya. Seperti setrum atau alat tangkap berbahaya lainnya

“Kami mengingatkan warga jangan sekali-kali melakukan praktek ilegal fishing. Karena jika sampai kedapatan melakukan praktek yang dilarang tersebut maka bisa dikenakan hukuman pidana,”tegasnya.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!