Gunung Mas

Pemkab Gumas Uji Publik I Penyusunan KLHS-RPJPD

KUALA KURUN – Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar uji publik I Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gunung Mas tahun 2025 – 2045, Rabu, (27/9/2023).

 

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memastikan bahwa ke depan kebijakan, rencana, dan/atau program (KRP) pembangunan yang dirancang telah mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan. Maka dilaksanakan uji publik I sebagai tahap awal penyusunan KLHS-RPJPD,” jelas Kepala DLHKP Gunung Mas Rody Aristo Robinson dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris DLHKP Effendi W Rasa.

 

Dia melanjutkan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaring dan menyepakati isu-isu yang berkaitan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. “Sasaran dari kegiatan uji publik I ini yakni tersedianya informasi tingkat pencapaian TPB di Kabupaten Gunung Mas,” ungkapnya.

 

Kemudian tersedianya informasi permasalahan dan isu-isu pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Gunung Mas, tersedianya alternatif dan proyeksi sebagai skenario pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Gunung Mas. Selain itu juga meningkatkan kapasitas dan kepedulian pemangku kepentingan khususnya dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

 

Kegiatan uji publik ini diikuti oleh kepala Satuan Organisasi perangkat Daerah (SOPD) dan instansi terkait lainnya. “Kegiatan penyusunan KLHS RPJPD ini dilakukan dalam beberapa tahapan yang meliputi pembentukan tim pembuat KLHS RPJPD, pengkajian pembangunan berkelanjutan, perumusan skenario pembangunan berkelanjutan, penjaminan kualitas dan pendokumentasian,” pungkasnya. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!