Palangka RayaSlider

Layani Warga Miskin Pengadilan Tinggi Kalteng Sediakan Posbakum

Palangka Raya, GK –  Mahkamah Agung melalui Pengadilan tinggi di tiap daerah telah menyiapkan pos bantuan hukum atau posbakum sebagai pelayanan bagi masyarakat lemah. Masyarakat dapat mengakses dan memanfaakan layanan ini terlebih jika menderita  keadaan yang menimpa dirinya.

Demikian disampaikan, Kepala Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Arif Supratman, Jumat (18/08)  kepada gerakkalteng.com. Dijelaskan di tiap pengadilan negeri di tanah air telah disiapkan pos bantuan hukum atau posbakkum dimana masyarakat dapat mengakses dan memanfaatkan keadaan yang menimpa dirinya untuk berperkara dengan cuma-cuma karena biaya ditanggung oleh Negara. Namun Pengadilan tinggi mensyartkan bagi masyarakat pencari keadilan tersebut harus memenuhi kriteria ketidak mampuannya. Misalkan dengan adanya surat keterangan tidak mampu dari kepala desa atau lurah setempat.

“Selain itu keterangan tidak mampu tersebut, juga diberitahukan kepada pihak lawannya agar ada jaminan kebenaran dan tidak pura-pura untuk mendapatkan fasilitas Negara”, terangnya

Mnyikapi kritik dan masukan pers,  Arif Supratman juga menyatakan Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi berserta Mahkamah Agung terbuka terhadap masukan dan kritik membangun terutama dari pihak pers.
“Pemberitaan dari media massa sangat membantu kami  dalam hal pembaharuan dan peningkatan kinerja sehingga dari berita yang disampaikan menjadi bahan ke dalam dan introspeksi”, jelasnya.

Lebih jauh Arif Supratman menjelaskan Mahkamah Agung , Pengadilan tinggi beserta jajaran menegaskan terus berkomitmen untuk menjawab tantangan demi tantangan dengan tekad dan kerja keras. Jajarannya tidak akan menuntut kenaikan gaji namun memberikan bukti kinerja untuk melayani masyarakat dengan baik. Ia mencontohkan, walaupun keadaan di Palangkaraya terkendala lampu mati, namun, pemeriksaan harus tetap berlanjut sesuai asaz peradilan yang tepat , sederhana dan biaya murah. (Sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *