Palangka RayaSlider

Polda Kalteng Sebut SPBU di Kalteng Nihil Kecurangan

Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah  AKBP Pambudi Rahayu
Palangka Raya,GK- Seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Kalimantan Tengah diyakini telah mengikuti aturan main takaran BBM dengan benar dan tidak melakukan kecurangan kepada pembeli.  Untuk itu masyarakat diminta untuk tidak perlu risau dan kawatir dan diminta untuk tetap membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) di tempat tempat atau stasiun yang mengikuti aturan main mengenai takaran. Di Kalimantan Tengah hingga kini belum ada laporan yang mengindikasikan adanya permainan atau kecurangan yang dilakukan SPBU.

Demikian disampaikan Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah , AKBP Pambudi Rahayu kepada gerakkalteng.com, Senin (21/08). Dijelaskan Pambudi, pihak yang berwenang dalam takaran dispenser SPBU  dan sertifikasi terra berada di ranah Badan Meteorologi dan Pertamina. Kepolisian dalam hal ini menjadi pengawas terhadap aktivitas pengisian BBM. Namun, jelasnya,  jika didapati ada kecurangan yang merugikan konsumen dan terdapat unsur pidana , nantinya polisi dapat melakukan penyidikan lebih lanjut. Seperti adanya terra yang sengaja dirusak, dimainkan ataupun diotak-atik. Jika ada, tentunya hal ini haruslah didahului dengan koordinasi dengan pihak berkepentingan seperti Badan Meteorologi dan Pertamina. 

“Kami,  aparat Polda Kalteng belum menemukan adanya keluhan atau laporan mengenai kecurangan takarang sampai detik ini”, tegasnya.

Untuk itu masyarakat diminta untuk tidak perlu kawatir saat mengisi di SPBU besar di Kalteng.  Namun demikian, masyarakat dihimbau untuk mengisi SPBU yang tertib dan mengikuti aturan main mengenai takaran dan terra tersebut.

“Kami berkeyakinan semua SPBU di Kalimantan Tengah menghormati dan mengikuti aturan main soal takaran tersebut”, jelasnya.

Lebih jauh,  aparat kepolisian juga memberikan sejumlah tips untuk mengetahui adanya kecurangan di SPBU . Diantaranya adalah bersikap teliti  dalam mengisi BBM. Masyarakat haruslah tahu  berapa kapasitas tangki BBM kendaraan dan berapa rupiah uang yang harus dikeluarkan untuk membuat tangki penuh. Jika saat mengisi BBM, literannya tak seperti biasa maka patutlah SPBU itu dicurigai dan dilaporkan. (Sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *