DPRD Gunung Mas

Tingkatkan SDM Pariwisata di Gunung Mas

"Daerah kita ini dikarunai sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Salah satu sektor yang  menjanjikan untuk dikembangkan adalah pariwisatanya," ujar politikus PDI Perjuangan itu, Jumat (26/4/2019).

FOTO : Ketua DPRD Gunung Mas, H. Gumer.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – ‎Ketua DPRD Gunung Mas, H. Gumer mengatakan, jajaran Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Gunung Mas diminta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pengelola wisata.

“Daerah kita ini dikarunai sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Salah satu sektor yang  menjanjikan untuk dikembangkan adalah pariwisatanya,” ujar politikus PDI Perjuangan itu, Jumat (26/4/2019).

Melalui pariwisata, maka diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti membuka lapangan pekerja dan lain sebagainya.

“Dibutuhkan strategi konkrit untuk melibatkan semua pihak guna menciptakan SDM yang nantinya mampu mengemas segala potensi wisata menjadi produk unggulan yang bernilai jual dan berdaya saing tinggi,” sebutnya.

Kualitas SDM memiliki peranan penting dalam pengembangan pariwisata untuk mendukung percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi daerah.‎

“Penanganan pengembangan kepariwisataan menyangkut berbagai kepentingan yang sifatnya lintas sektoral, karena terkait berbagai persoalan terutama SDM, prasarana, lingkungan, koordinasi lintas sektoral (horisontal) dan antara pusat dengan daerah (vertikal) dan investasi pariwisata,” katanya.

SDM kepariwisataan yang berkompetensi akan diperlukan jika daerah berkeinginan untuk mengembangkan daerahnya menjadi destinasi pariwisata yang andal.

“Kekayaan daerah kita sangat bermanfaat bagi masyarakat apabila dikembangkan menjadi pariwisata. Tidak seperti pertambangan atau perkebunan yang mempunyai dampak buruk bagi lingkungan, terutama limbah,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!