DPRD KatinganHEADLINE

Nakes Diwilayah Hulu Masih Minim

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Sugianto menyebutkan bahwa Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk wilayah hulu Kabupaten Katingan masih dianggap minim.

Sugianto menjelaskan, meskipun saat ini nakes diwilayah utara Kabupaten Katingan sudah ada namun masih dianggap kurang, hal tersebut dikarenakan minimnya nakes yang ditempatkan di desa.

“Nakes di daerah hulu itu ada, namun di beberapa desa nakes hanya satu atau dua orang saja,”Ujarn Sugianto, Rabu (12/6/2024) kepada sejumlah awak media.

Dia menyebutkan, nakes yang ditempatkan di perdesaan terkadang tidak ada ditempat dikarenakan mengikuti kegiatan yang ada di ibukota Kecamatan, sehingga saat mengikuti kegiatan itu tidak ada yang mengisi kekosongan saat adanya kegiatan.

“Yang menjadi permasalah itu ketika nakes ini ada kegiatan, sehingga di desa tidak ada yang bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”Jelasnya.

Pentingnya penambahan nakes diwilayah hulu sebut Sugianto, dikarenakan akses jalan dari desa ke ibukota kecamatan sangat minim, mengingat desa-desa diwilayah hulu masih mengandalkan transportasi air sehingga jika ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan cepat terkadang terkendala oleh trasportasi dan jarak yang cukup jauh.

“Untuk itu diharapkan kepada pemda katingan, jika ada penerimaan di tahun ini maupun tahun yang akan datang agar bisa memprioritaskan diwilayah hulu,”Harapnya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!