Kalimantan Tengah

Wagub Kalteng Hadiri Pembukaan PKN Tahun 2023

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, Edy Pratowo, menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXXIV Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (23/08/2023).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub Kalteng Edy Pratowo, Gubernur Kalteng menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAN RI atas izin penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023. Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah atas terselenggaranya kegiatan ini.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional adalah program pengembangan kompetensi kepemimpinan yang dirancang untuk Pejabat Tinggi Pratama. Melalui pelatihan ini, para peserta akan dibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampilan, dan wawasan strategis yang diperlukan dalam mengemban peran kepemimpinan mereka.

“Saya berharap dengan mengikuti PKN Tingkat II ini dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi para peserta sebagai Pejabat Tinggi Pratama, sehingga nantinya mampu bekerja dan berkontribusi lebih maksimal, terutama dalam mendorong percepatan pembangunan daerah, pertumbuhan perekonomian, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Tengah,” tuturnya.

“Tentu saja, pengembangan kompetensi para Pejabat Tinggi Pratama melalui pelatihan akan memiliki dampak positif pada peningkatan pelayanan publik. Hal ini akan mendukung upaya menuju Reformasi Birokrasi, di mana birokrasi berupaya untuk lebih transparan, akuntabel, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” sambungnya.

Ia juga berpesan epada para peserta terpilih mengikuti PKN Tingkat II, agar mengikuti kegiatan dengan penuh keseriusan dan tanggung jawab. Ini sebagai salah satu bentuk langkah pengabdian bagi masyarakat, daerah, dan negara, dengan selalu meningkatkan kemampuan diri selaku ASN.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kalteng, Nuryakin, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan PKN ini telah dimulai sejak tanggal 23 Agustus hingga 16 Desember 2023. Bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis para peserta, khususnya kompetensi manajerial yang relevan dengan jabatan pimpinan tinggi pratama.

“Peserta PKN ini berjumlah 60 orang. Mereka berasal dari berbagai wilayah, termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya, serta serta beberapa kabupaten seperti Pulang Pisau, Katingan, Barito Selatan, Gunung Mas, Kapuas, Murung Raya, dan Seruyan,” ucap Nuryakin. (ngel)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!