HEADLINEPalangka Raya

PDAM Palangka Raya Sediakan Fasilitas Kran Air Siap Minum Gratis

PALANGKA RAYA,GK- Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PDAM Kota Palangka Raya akan memasang kran air siap minum (KASM) gratis pada sejumlah titik kota setempat. Sebagai tahap awal PDAM melakukan pemasangan fasilitas kran air siap minum khusus untuk pelajar, salah satunya dipasang pada sekolah MIN Islamiyah Jalan Murjani Palangka Raya. Fasilitas KASM disekolah itu diresmikan secara langsung oleh Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Kamis (18/1)
“Penyediaan fasilitas air siap minum ditempat umum atau publik termasuk disekolah seperti ini, adalah bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya untuk memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapatkan unsur asupan yang sehat, khususnya air. Saat ini PDAM kota sudah menjawab akan hal tersebut,” ujar Mofit usai meresmikan KASM tersebut
Memang kata Mofit fasilitas KASM tidak semua diruang publik bisa dilakukan, namum pemerintah kota melalui PDAM, akan terus mengarahkan untuk memperluas jumlah fasilitastersebut.
“Ini merupakan komitmen kita untuk terus mencapai derajat kesehatan masyarakat secara optimal,”tuturnya lagi.
Mofit pun berharap kedepan, PDAM dapat terus membuat terobosan-terobosan, salah satunya memperkuat jati diri perusahaan daerah dengan membuka peluang usahanya sebagai perusahan entrepreneur. Apa pun produknya yang berkenaan dengan pemanfaatan sumber daya air, itu harus dapat diambil pangsanya oleh PDAM itu sendiri.
“Contohnya, kita tidak harus cape-cape mengeluarkan dana yang besar ketika ada rapat-rapat maupun event besar dan lain sebagainya ketika ingin menyediakan air mineral . Tapi kalau PDAM mampu memberikan suatu solusi atau pilihan, kenapa kita tidak memanfaatkan pilihan yang jelas ada tersedia,”cetus Mofit.
Sementara itu Direktur PDAM Kota Palangka Raya, Budi Harjono mengungkapkan pemasangan KASM ini dilakukan untuk memberikan layanan penyediaan air minum gratis yang dapat langsung di minum.
“Fasilitas kran air siap minum khusus untuk pelajar yang dipasang pada sekolah MIN Islamiyah ini merupakan langkah awal menuju “drinking from the tap” sebagaimana diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2005 tentang pengembangan sistem penyediaan air minum,”ucapnya.
Dijelaskan Budi, kapasitas pada fasilitas KASM yang sudah terpasang mampu menampung air sebanyak 650 liter per hari . Masyarakat kata dia, tidak perlu khawatir meminum langsung dari kran air siap minum yang disediakan PDAM. Karena air tersebut, telah disterilkan sehingga sama dengan kualitas air mineral dalam kemasan pada umumnya.
Selain KASM yang sudah tersedia sekolah MIN Islamiyah, pihak PDAM kota lanjut Budi juga akan segera memasang fasilitas yang sama pada sejumlah titik diruang publik.
“Setidaknya dalam waktu dekat ada tiga titik untuk dilakukan pemasangan fasilitas KASM, seperti pada ruang terbuka hijau atau ruang publik lainnya. Saat ini pihak pengelola masih mencari titik yang tepat. Melalui fasilitas KASM, kita terus mengajak dan merubah perilaku masyarakat untuk menghargai air bersih,”sebutnya.
Kedepan tambah Budi, pihaknya akan terus menelurkan terobosan-terobosan demi meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanannya. Termasuk meningkatkan efektivitas kinerja PDAM yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi.(Sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!