HEADLINEKalimantan Tengah

Kalteng Punya Potensi Besar Promosikan Ekotourism

LENSA KALTENG,GK-Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah luasnya dua kali pulau jawa, artinya wilayah Kalteng masih sangat luas, dan banyak potensi khususnya bidang pariwisata. Termasuk wilayah Kota Palangka Raya memilik tiga wajah yakni wajah kota, wajah desa dan wajah hutan.

“Sebenarnya banyak yang bisa dikembangkan khususnya bidang Ekotourism atau pariwisata, kita bisa membuat event agrowisata atau ekowisata dengan mengundang pihak ke tiga atau investor nasional dari Jakarta atau pun luar negeri. Selain itu, bisa juga bekerjasama dengan investor besar dari makanan, hotel dan lain sebagainya,” ungkap Pengamat Pariwisata dan Budaya, Lely Hendrawati Tundang. SS kepada awak media, Kamis (15/2/2018).

Pengamat professional bidang pariwisata ini, memberikan masukan kepada pemerintah daerah baik kota maupun provinsi supaya di bandara Tjilik Riwut disediakan space untuk masing – masing kebupaten kota guna memberikan informsasi sekaligus mempromosikan daerahnya.

Objek wisata apa saja yang marik di sana, berapa jarak tempuhnya, sehingga setiap tamu yang datang ke Palangka Raya khususnya dan Kalteng umumnya, memiliki destiny atau tujuan wisata.

“Pemerintah daerah juga bisa mengundang investor nasional, khusus kuliner untuk membuka restaurant, tidak hanya makanan khas daerah tapi juga masakan nasional.,” terang Lely Hendrawati yang mengaku sudah keliling di 5 benua dan 52 negara.

Satu yang hal penting, kata dia, di Palangka Raya belum ada pusat souvenir atau pernak-pernik khas Kalteng, hanya ada satu di pasar besar jalan Batam dan itu jumlahnya sangat sedikit dan kurang menarik.

Alangkah baiknya, ada satu kawasan khusus pusat souvenir atau pernak-pernik. Sehingga nantinya tamu yang datang, bisa menuju satu tujuan untuk berwisata,ujar Lely yang memiliki segudang pengalaman di bidang pariwisata. (Wan)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!