HEADLINEPalangka Raya

Pemkot Gelar Rakor Ketertiban dan Keamanan Jelang Pilkada

RAKOR : Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, Wakil Wali Kota Mofit Saptono Subagio dan kepala SOPD lain bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei I, Kamis (22/2) dalam menggelar Rakor Ketertiban dan Keamanan Jelang Pemilihan Kepala Daerah.

PALANGKA RAYA,GK- Pemerintah Kota Palangka Raya dan Polres Palangka Raya beserta SOPD terkait mengelar Rakor Ketertiban dan Keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018. Kegiatan dihadiri langsung Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, Wakil Wali Kota Mofit Saptono Subagio dan kepala SOPD lain bertempat di Ruang Rapat Peteng Karuhei I, Kamis (22/2).
Pertemuan itu membahas langkah kedepan dalam mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 nanti. Sekaligus memastikan setiap tahapan pilkda berjalan sesuai jadwal dan memastikan kesiapan seluruh pihak terkait.
Disebutkan ada beberapa faktor bisa saja memicu konflik dalam pilkada, yaitu penyelenggara pilkada yang dinilai tidak netral, sumber daya manusia (SDM) yang kurang profesional, pasang calon yang tidak legowo menerima kekalahan, daftar pemilih tetap (DPT) tidak akurat. Termasuk kekurangan logistik seperti surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) hal ini menjadi antisipasi kedepannya.
Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia menyampaikan seluruh pihak harus terus berkoordinasi dan bekerja sama untuk menjaga kondusivitas. Menjalin kerjasama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, FKUB, maupun aparat keamanan TNI atau Polri, sehingga siap mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada pelaksanaan Pilkada nanti.
“Kita semua harus menguatkan sinergi elemen masyarakat. Mengelola embrio, tokoh agama, ulama, dan terus juga guru-guru, RT/RW dan lurah untuk antisipasi potensi kerawanan. Walaupun dari beberapa pesta demokrasi tersebut di Kota Palangka Raya selalu aman,” ujarnya.
Sementara itu, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul R K Siregar menyampaikan kepolisian siap mengawal ketentraman dan ketertiban masyarakat (Trantibmas) selama pelaksanaan Pilkada, melalui deteksi dini dan cegah dini terhadap setiap gangguan trantibmas serta mengatasi setiap potensi konflik untuk mewujudkan kondisi masyarakat yang kondusif, tertub dan aman dalam pelaksanaan Pilkada.
Selain itu, lanjutnya, melakukan koordinasi dalam mewujudkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegakan secara tegas dan transparan pada setiap rangkaian proses Pilkada. Termasuk melakukan identifikasi kondisi sosial politik wilayah dan mewaspadai adanya tindakan destruktif yang dapat menghambat proses pelaksanaan Pilkada.
” Intinya kita ingin menjaga netralitas. Memberikan prasarana dan sarana yang diperlukan dan memfasilitasi proses distribusi logistik Pilkada tepat waktu melalui kerja sama dengan instansi terkait. Kita inginnya peran pemerintah daerah lebih optimal lagi untuk meningkatkan partisipasi pada Pilkada Serentak 2018,” pungkas Perwira Menangah Polri ini.VS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!