Gunung MasHEADLINE

10 Desa Ditetapkan Jadi Kampung KB

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM- Dari 26 Desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas akan ditetapkan sebanyak 10 Desa untuk menjadi kampung KB pada tahun 2018.

Hal ini terungkap saat digelarnya Rapat Penentuan Pemilihan Kampung KB yang dipimpin oleh Sekda Kabupaten Gunung Mas Drs.Yansiterson, Msi didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (Disdalduk) KB Kabupaten Gunung Mas, Isaskar, SH.,M.Si. di aula kantor bupati setempat, (02/04/18).

Sekda Kabupaten Gunung Mas Drs.Yansiterson, Msi mengatakan keterpaduan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait akan dipilih jadi Kampung KB, tetapi masih belum bisa ditentukan. Mengingat terkait belum lengkapnya hasil data survey pemilihan desa yang tepat.

Meski belum bisa ditentukan, namun akan tetap dipilih semaksimal mungkin bagi Desa yang tertinggal dan sangat tertinggal.
“Kenapa Desanya masih belum bisa ditentukan, karena data Analisis pemilihan Desa masih belum lengkap, dan Rapat selanjudnya akan dilakukan pada 05/04/2018 , sampai data yang akan dibahas benar-benar siap dan akurat,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan umum pemilihan Kampung KB adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat  di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas

Sedangkan tujuan khususnya,
Meningkatkan peran pemerintah, pemerintah daerah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan,
meningkatkan jumlah peserta KB aktif modern, dan meningkatkan ketahanan keluarga melalui program BKB,BKR, BKL dan meningkatkan pemberdayaan keluarga melalui Kelompok UPPKS.

“Sasaran Kampung KB yakni, Keluarga
Remaja, Penduduk Lanjut Usia (Lansia), Pasangan Usia Subur (PUS), Keluarga dengan balita, Keluarga dengan remaja, Keluarga dengan lansia, Sasaran sektor sesuai dengan bidang tugas masing masing,” terangnya.

Ia menambahkan, harapan dengan dilakukan rapat ini maka dalam pemilihan Kampung KB harus diperhatikan data yang akurat, dan lebih terpokus pada desa yang tertinggal dan sangat tertinggal. (hri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!