DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Harapkan Proses Pilkades Serentak Berjalan Jurdil

"Kita sangat berharap proses Pilkades serentak ini berjalan sesuai dengan harapan kita bersama. Artinya jangan sampai ada kecurangan-kecurangan mewarnai pesta demokrasi di lingkungan desa ini," kata Arianson.

PULANG PISAU – Salah satu anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Arianson mengharapkan proses tahapan Pilkades serentak 2019 berjalan jujur dan adil (Jurdil). Mengingat, calon yang terpilih nanti akan menjadi pimpinan di lingkungan desa, sehingga harus benar-banar menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkuliatas.

“Kita sangat berharap proses Pilkades serentak ini berjalan sesuai dengan harapan kita bersama. Artinya jangan sampai ada kecurangan-kecurangan mewarnai pesta demokrasi di lingkungan desa ini,” kata Arianson.

Selain itu katanya, pihaknya juga berharap kepada penyelenggara atau petugas yang ditunjuk DPMD Kabupaten agar menjalankan tugas dan fungsinya dengan profesional serta independen, khususnya saat pelaksanaan tes tertulis kepada para bakal calon kades yang melebihi dari lima orang calon.

“Harapan dewan adalah pihak yang di tunjuk oleh DPMD sebagai petugas dalam pelaksanan tes tertulis untuk seluruh calon kades harus bersifat profesional dan indefenden. Jangan nantinya karena ada diantara calon yang dikenal lama oleh petugas lalu memberikan bocoran terkait soal dalam tes tertulis nantinya. Ini tentunya akan menjadi permasalahan untuk calon kades yang lain,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, bagi petugas dan para calon kades yang berlomba di Pilkades serentak ini harus mengedepankan sifat kejujuran, karena amanah kades ini sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat desa.

“Menjadi kades ini juga sama seperti menjadi kepala daerah, karena sifatnya sebagai pimpinan, namun bedanya hanya skala desa. Jadi, nantinya bagi para kades terpilih  memerlukan sifat kejujuran dan benar-benar dapat mengabdi kepada masyarakat dan daerahnya,” imbuhnya.

Dirinya juga menambahkan, dari hasil tes atau ada calon yang tereliminasi nanti sebagai tugas pengawasan pihak DPRD Pulpis sudah siap menerima laporan apabila ada indikasi kecurangan atau hal yang tidak masuk akal dalam tahapannya sehingga ada keraguan di antara calon kades lainnya yang merasa di rugikan haknya. (hrs)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!