Gunung Mas

Absensi Retina Mata Dinilai Lebih Aman

"Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, absensi finger print ditemui banyak kelemahan. Sedangkan absen menggunakan scan retina mata sifatnya lebih spesifik dan tidak bisa dipalsukan," ungkapnya, Jumat (29/3/2019)

FOTO : Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Gunung Mas, Lurand.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Guna mendisiplinkan aparatur sipil negara (ASN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas dalam waktu dekat bakal menerapkan absensi berupa Face Record Nation atau scan retina mata.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gunung Mas, Lurand mengatakan, sistem face record nation atau scan retina mata tersebut nantinya bakal menggantikan teknologi sebelumnya, yaitu finger print atau absen sidik jari.

“Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, absensi finger print ditemui banyak kelemahan. Sedangkan absen menggunakan scan retina mata sifatnya lebih spesifik dan tidak bisa dipalsukan,” ungkapnya, Jumat (29/3/2019).

Teknologi absensi finger print juga masih ada kelemahan, karena terkadang jari satu pegawai bisa digunakan untuk mengabsen pegawai lainnya. Sehingga dinilai kurang efektif untuk diterapkan.

“Dengan diterapkannya absensi elektronik berupa sensor retina mata, nantinya tidak ada lagi kasus pemalsuan. Sehingga semua pegawai bisa lebih disiplin dan masuk kerja tepat waktu,” harapnya.

Lurand menuturkan, mesin absensi retina mata tersebut sudah tersedia. Sehingga dalam waktu dekat diharapkan bisa mulai diterapkan.

“Kini pihak Dinas Kominfo Gunung Mas sedang melakukan perekaman atau input data retina mata seluruh pegawai. Jika sudah maka teknologi itu akan segera diterapkan disemua SOPD,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *