HEADLINEKatingan

Pengamanan Pilkada Katingan,Polres Siagakan 300 Personel

Kapolres Katingan AKPB Elieser Dharma Bahagia Ginting : Mengatakan Masyarakat jangan mudah terhasut dengan isu-isu provokatif yang menjurus ke arah konflik, Kami selaku anggota Polri akan selalu siap memberikan pelayanan pengamanan kepada siapapun tanpa pilih kasih.

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM- Sedikitnya 300 personel kepolisian bakal mengamankan jalannya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan. 200 orang diantaranya merupakan personel organik Polres Katingan dan sisanya berasal dari Polda Kalteng serta personel tambahan dari Polres Kotawaringin Timur.

Kapolres Katingan AKPB Elieser Dharma Bahagia Ginting mengatakan, penempatan seluruh personel pengamanan Pilkada tersebut dibagi menjadi tiga rayon, yang pertama di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, Kasongan Kecamatan Katingan Hilir, dan Pegatan di Kecamatan Katingan Kuala.

“Jumlah TPS yang terbanyak itu ada di Kasongan, kemudian disusul Tumbang Samba, dan terakhir di Pegatan. Sementara personel kita domisilikan di tiga lokasi tersebut. Kenapa menggunakan pola rayon, tujuannya untuk memudahkan mobilisasi dan memangkas waktu tempuh. Kami juga akan menempatkan sekitar 25 Brimob di Kasongan,” ungkapnya, Jumat (22/6).

Berdasarkan data intelejen kepolisian, sejauh ini kondisi keamanan daerah di Kabupaten Katingan masih tergolong aman dan kondusif. Belum ditemukan adanya potensi kerawanan yang berarti.
Terkait teknis pengamanan saat pencoblosan sendiri, ujarnya, terbagi menjadi beberapa tahapan, yang pertama menggunakan pola aman, rawan, dan pola rawan satu.

“Dari total 362 TPS di Katingan, 100 diantaranya masuk kategori pola rawan satu. Sehingga tiap satu TPS nanti akan dikawal satu personel kepolisian. Sedangkan untuk pola aman, tiap dua TPS akan dijaga oleh satu anggota Polri. Penetapan pola-pola aman dan rawan itu ditentukan oleh jarak, medan, historis kerusuhan atau potensi konflik sosial. Kemudian yang terakhir ditentukan oleh aspek karateristik kerawanan daerah (kakerda),” imbuhnya.

Dirinya mengimbau, agar tim pemenangan maupun simpatisan masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Katingan selalu menghindari potensi konflik maupun melakukan upaya yang tidak bertanggungjawab lainnya.

“Masyarakat juga jangan mudah terhasut dengan isu-isu provokatif yang menjurus ke arah konflik. Kami selaku anggota Polri akan selalu siap memberikan pelayanan pengamanan kepada siapapun tanpa pilih kasih,” pungkasnya. (BS/Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!