Katingan

FBPHS Resmi Dibuka, Sakariyas Harapkan Generasi Muda Dapat Lebih Jauh Mengenal Budaya Dayak

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM – Pergelaran Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (FBPHS) secara resmi dibuka oleh Bupati Katingan Sakariyas, Kamis (19/7/2018).

Sakariyas, menyambut baik serta mendukung sepenuhnya kegiatan FBPHS yang dilaksanakan, serta berharap agar pelaksanaan berjalan dengan lancar.

Menurutnya, bahwa festival yang dilakanakan adalah salah satu langkah untuk pelestarian kebudayaan masyarakat dayak khususnya untuk masyarakat Kabupaten Katingan dan Provinsi Kalimantan Tengah secara Umum.

“Budaya itu dapat punah dan tergilas oleh kemajuan zaman, hal tersebut yang harus diwaspadai. Oleh karena itu cara nyata untuk melestarikan, menjaga dan memihara adalah dengan mengambangkan nilai budaya dengan melakukan pembinaan terhadap generasi muda salah satunya melalui festival yang dilaksankan ini,”Ujarnya

Kemudian Sakariyas menambahkan, melalui festival ini yaitu sebagai upaya pengembangan nilai kebudayaan dan keberagaman budaya di Katingan.

“Nilai budaya dayak yang cenderung semakin menurun dan kurang dikenal oleh generasi saat ini, harapanya melalui festival ini kita dapat berupaya melestarikan budaya untuk generasi masa kini dan masa yang akan datang,”Pungkasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana FBPHS Ramang, dalam laporanya menyampaikan kegiatan festival dilaksanakan dari tanggal 17 sampai dengan 21 juli.

Kemudian dari 13 kecamatan se Kabupaten Katingan pergelaran festival hanya diikuti oleh 12 kecamatan, sedangkan kecamatan yang tidak mengirimkan perwakilan nya yaitu Kecamatan Tewang Sanggalang Garing.
(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!