DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Simah Laut Diharapkan Mampu Dongkrak Kunjungan Wisatawan

SAMPIT, Gerakkalteng.com – Tradisi ritual Simah Laut di Pantai Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit, dalam waktu dekat akan kembali digelar. Kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemkab Kotawaringin Timur melalui Disbudpar itu diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

Simah Laut merupakan tradisi budaya nelayan di kawasan Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan itu sebagai simbolis rasa syukur atas hasil tangkapan ikan selama ini sekaligus pengharapan agar hasil tangkapan di tahun mendatang lebih banyak lagi dan nelayan dihindarkan dari segala marabahaya.

Dalam hal ini Wakil Ketua DPRD Kotim, Supriadi MT menilai Simah Laut perlu dipromosikan lebih gencar lagi sejak jauh-jauh hari. Dengan promosi yang baik dan tepat dia yakin pengunjung acara itu akan jauh lebih banyak sehingga membawa dampak besar terhadap masyarakat setempat.

“Saya membandingkan dengan acara serupa di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantam Selatan yakni Mapenretase. Tradisinya persis sama, namun karena promosinya bagus maka pengunjung yang datang puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang,” Ungkapnya Kamis (29/11).

Ketua DPD Golkar Kotim ini juga menegaskan keseriusan pemerintah daerah menggarap sektor pariwisata harus sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 dari sektor pariwisata.Rencana sejak awal ini diyakini akan menjadi sektor baru yang dapat diandalkan menopang perekonomian masyarakat Kotawaringin Timur.

“Pantai Ujung Pandaran memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan. Di pantai itu juga terdapat makam ulama besar yang banyak didatangi peziarah dari luar daerah,”Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Fajrurrahman memastikan pelaksanaan acara Simah Laut akan digelar pada 1 Desember 2018 mendatang.(So)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!