Palangka Raya

Wisata Palangka Raya Bisa Berkembang Bila Digarap Bersama

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Potensi sektor pariwisata di Kota Palangka Raya sejatinya bisa digarap menjadi sebuah destinasi wisata unggulan. Asalkan bisa digarap serius, tidak hanya oleh Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangka Raya, namun juga oleh institusi pemerintah daerah serta seluruh stakeholder pariwisata yang ada.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disbudpar Kota Palangka Raya, Hj Norma Hikmah, usai mengikuti kegiatan kunjungan kerja (kunker) Wakil Walikota Palangka Raya Hj Umi Mastikah ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, dimana salah satu agenda kunjungan adalah belajar pengembangan dan pengelolaan pariwisata di kabupaten ujung timur pulau Jawa itu.

“Kita mendapat pengetahuan yang berati, bagaimana pengelolaan pengembangan wisata. Dimana untuk mendapatkan sebuah destinasi wisata, maka semua institusi dan stakeholder bergerak secara keroyokan,”ujarnya, Minggu (11/11/2018).

Lanjut Norma mengatakan, pembangunan dan pengembangan daya tarik wisata tidak akan bisa dicapai jika hanya dilakukan Disbudpar secara sendiri. Namun butuh kebulatan tekat secara bersama dari seluruh stakeholder yang ada, untuk ikut fokus menggarap destinasi wisata mana yang bisa diandalkan.

“Seperti di Kabupaten Banyuwangi. Disana dinas pariwisatanya hanya sebagai koordinator yang bekerja mempromosikan pariwisata. Sedangkan untuk pembangunan konsep destinasi wisata dilakukan secara keroyokan dengan banyak dinas. Ini yang bisa kita contoh,”bebernya.

Tambah Norma, sejatinya sumber daya alam di Palangka Raya seperti sungai, danau dan hutan, bisa memiliki daya tarik wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Selain itu Palangka Raya memiliki pula kearifan lokal, seperti makanan khas yang mempunyai citarasa tersendiri. Ditambah lagi seni dan budaya yang sangat banyak ragamnya.

“Bila ini bisa ditata dan dikelola secara bersama dengan baik, maka bukan mustahil wisata Palangka Raya juga menjadi alternatif yang dilirik para wisatawan,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!