DPRD KatinganKatingan

Dewan Minta Perbaikan Drainase Dilaksanakan 2019

“Untuk perbaikan dan pembersihan ini, bisa dianggarkan melalui APBD 2019 mendahului perubahan nanti,” kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie SPd MPd,  Rabu (20/2/2019).

gerakkalteng.com – KASONGAN – Pihak dewan meminta, agar perbaikan dan pembersihan drainase di sepanjang jalan Tjilik Tiwut,  khususnya yang masuk di kawasan Pasar Kereng Pangi, Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir jangan menunggu anggaran tahun depan.

“Untuk perbaikan dan pembersihan ini, bisa dianggarkan melalui APBD 2019 mendahului perubahan nanti,” kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie SPd MPd,  Rabu (20/2/2019).

Menurutnya, kondisi drainase di sepanjang jalan tersebut sudah beberapa tahun status kerusakannya sangat parah.  Disamping memang sebagaian ada yang buntu,  bangunannya juga banyak yang sudah rusak.

“Sehingga,  air di dalam drainase tersebut tergenang tak bisa keluar lantaran mampet oleh sampah, pasir dan tanah,” ujar Politisi Partai Gerindra ini.

Bahkan di musim penghujan seperti saat ini,  lanjutnya, tidak jarang air di dalam drainase tersebut meluap ke jalan.  Sehingga disamping mengganggu pengendara yang melintas,  aspal jalan terkelupas dan sebagain berlubang.

“Jadi jangan heran kalau ruas jalan di Desa Hampalit itu lebih cepat rusaknya dari pada di Kasongan.  Padahal,  usia dan kualitasnya sama. Penyebab utamanya, lantaran kondisi drainase yang banyak rusak,” sebut Endang.

Terkait perbaikan dan pembersihan drainase, jika ternyata sebagian ada yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah,  menurutnya tidak masalah.

“Yang penting niat kita untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berada di desa Hampalit pada khususnya, dan kepada para pengguna jalan pada umumnya,” kata anggota dewan asal Dapil Katingan I yang meliputi Kecamatan Katingan Hilir,  Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini.

Saat melakukan pelebaran jalan provinsi di sekitar Kota Kasongan dulu, bisa saja menggunakan APBD Kabupaten Katingan. Jadi, mengapa hanya perbaikan dan pembersihan drainase saja tidak bisa.

“Apalagi,  hal ini memang benar-benar mendesak demi kelancaran dan kenyamanan masyarakat kita juga untuk berusaha dan beraktivitas,” imbuhnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!