Gunung Mas

Lima Kecamatan di Gumas Ini Rawan Karhutla

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas, Simphati menuturkan, kelima kecamatan tersebut yakni Kurun, Tewah, Sepang, Mihing Raya, dan Manuhing.

KUALA KURUN,Gerakkalteng.com-Berdasarkan hasil pemetaan, terdapat lima wilayah kecamatan di Kabupaten Gunung Mas dinyatakan rawan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Mas, Simphati menuturkan, kelima kecamatan tersebut yakni Kurun, Tewah, Sepang, Mihing Raya, dan Manuhing.

“Ada beberapa fakto penyebab, diantaranya banyaknya lahan terlantar, ladang berpindah, dan pembukaan lahan untuk kepentingan usaha,” ungkapnya, Rabu (13/2/2019).

Menurutnya, semakin banyak dan luas lahan terbuka di suatu daerah maka semakin besar potensi terjadinya karhutla. Di Kabupaten Gumas hampir tidak ditemukan adanya lahan gambut, sehingga penanganan kebakaran mudah diatasi.

“Meski begitu, kami tetap antisipatif terutama masuk musim kemarau. Seperti mendirikan posko induk di Kuala Kurun dan posko unit ditiap kecamatan. Kemudian mempersiapkan brigade pengendali kebakaran dan membentuk tim patroli karhutla,” imbuhnya.

Guna membantu tugas BPBD dalam mengendalikan kebakaran, tahun ini pihaknya bakal kedatangan tiga unit damkar roda tiga. Armada itu diperuntukan guna menjangkau kawasan padat penduduk dan jalan sempit.

“Pengadaannya bersumber dari DBHDR untuk pengendalian karhutla tahun 2019. Kami juga akan melaksanakan sosialisasi ke semua kecamatan terkait pengendalian Karhutla. Penyebaran pamplet dan brosur, pemasangan spanduk hingga plang imbauan,” sebutnya. (agg/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!