DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Dinsos Kotim Kumpulkan Petugas Dan Pendamping Sosial Di 17 Kecamatan

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin Dinsos Kotim Sudianto memberikan penjelasan kepada Pendamping Sosial dan Peningkatan Petugas di Aula Dinas Sosial, Kamis (21/3).

SAMPIT,GERAKKALTENG.COM-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengumpulkan petugas dan pendamping sosial di 17 Kecamatan. Sekitar 35 orang petugas sosial yang mengikuti kegiatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan petugas pendamping sosial fakir miskin agar nantinya dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya.
Kadis Sosial Kotim Rusmiati mengatakan program pemberdayaan fakir miskin banyak dikucurkan dengan sisitem hibah seperti bantuan Rastra dan PKH.
“Tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga miskin, sehingga mereka hidup layak dan dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar seperti masyarakat yang lainnya,” katanya kepada sejumlah wartawan.

Bagi warga yang memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 1981 yakni, memiliki usia sampai dengan 55 tahun, penghasilan yang diperoleh setiap harinya tidak mencukupi kebutuhan pokok, ketergantungan kepada bantuan pangan, keterbatasan kepemilikan pakaian, tidak dapat membiayayai jika sakit, tidak mampu membiayayai pendidikan selama 9 tahun, tidak memiliki aset yang dapat dimanfaatkan, bertempat tinggal di rumah tidak layak huni dan sulit mendapatkan air bersih.
Dengan aturan tersebut, sangatlah jelas bagi petugas untuk dapat melakukan pendataan secara maksimal sesuai dengan syarat yang sudah diatur tersebut.
“Saya berharap, petugas dapat memahami tupoksinya dalam melakukan tugas sosial ini. Selain itu pula, penanganan masalah sosial khususnya di wilayah masing-masih pendamping sosial masalah kemiskinan ini dapat teratasi secara baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan,” ucapnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!