DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

35 Sekolah Laksanakan UNBK

Kepala Bidang SMP Sederajat Dinas Pendidikan Kotim Muhammad Irfansyah (berdiri, kiri) saat memantau ujian sekolah di SMP Muhammadiyah.

SAMPIT,Gerakkalteng.com-Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat akan dilaksanakan pada hari ini, Senin (22/4) dan akan berakhir pada (25/4). Tahun ini, setidaknya 7168 siswa yang tersebar di 125 sekolah yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur mengikuti ujian tersebut.
Sebanyak 35 sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan sebanyak 90 sekolah lainnya masih melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).
Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kotim Muhammad Irfansyah menjelaskan, dari total yang mengikuti UN tersebut, yang mengikuti UNBK sebanyak 3225 siswa.

Sedangkan sisanya masih melaksanakan UNKP.
“Sampai saat ini, masih banyak SMP sederajat yang tidak memiliki komputer untuk menyelenggarakan UNBK tersebut. Apalagi yang berada di pelosok, kendalanya adalah kesulitan jaringan internet dan listrik yang menjadi masalah dan juga tantangan bagi pihak sekolah,”jelasnya, Minggu (21/4).

Ia berharap siswa yang mengikuti UN mempersiapkan diri dengan belajar yang rajin dan istrirahat yang cukup. Hal ini untuk memudahkan dalam mengikuti UN. Sampai saat ini, ujarnya, pendistribusian logistik untuk ujian khususnya yang menggunakan UNKP sudah 100 persen didistribusikan ke sekolah masing-masing.
“Meski banyak sekolah yang menggunakan UNKP, bukan berarti pemerintah menutup mata akan hal tersebut. Meski dengan keadaan seperti itu, kami akan berusaha setiap tahun agar semakin banyak sekolah yang melaksanakan UNBK. Selain lebih mudah dan cepat tentunya lebih aman,”paparnya.
Sistem kelulusan, dikatakannya, memang menjadi tanggung jawab sekolah. Hanya saja, hal itu bukan berarti semua siswa lulus, akan tetapi harus mengikuti aturan dan juga mekanisme yang ada. Salah satunya ialah mengikuti UN.
“Oleh sebab itu, diharapkan agar siswa tidak menganggap kelulusan bukan menjadi kewajiban, akan tetapi ikuti aturan dan proses yang ada di sekolah untuk ke jenjang selanjutnya,” ungkap Irfansyah. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!