DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Pelaku Seni Dan Budaya Untuk Melestarikan Kearifan Lokal Di Kotim

Jajaran anggota DPRD Kotim saat rapat dengan instansi terkait.

SAMPIT,GERAKKALTENG.COM – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sarjono, meminta pemerintah setempat untuk menggencarkan sosialisasi untuk memberdayakan kearifan lokal.
“Kami berharap upaya pelestarian budaya dilakukan secara terprogram. Salah satunya dengan mewajibkan seluruh sekolah mewajibkan kegiatan pemberdayaan seni daerah itu dalam pendidikan,” ujar Sarjono.
Lanjut Sarjono, upaya pelestarian budaya dengan mengajarkan kepada siswa sejak dini dinilai akan efektif. Mengingat, para siswa inilah generasi penerus yang jadi penentu apakah bisa mempertahankan kebudayaan lokal atau malah melupakannya.
Sarjono menambahkan, pemerintah daerah harus bergandengan tangan dengan masyarakat, khususnya pelaku seni dan budaya untuk melestarikan kebudayaan lokal di Kotim. Kebersamaan ini diharapkan mampu mengembalikan kebudayaan sebagai kebanggaan bagi masyarakat, khususnya generasi muda.
“Kita tidak mau kebudayaan daerah ini hilang bergitu nilai luhur yang begitu besar mesti kita peratahkan bersama, namun tanpa ada andil pemerintah maka cita-cita untuk menpertahankannya ini sangat sulit,” jelasnya.
Menurutnya, kebudayaan sangat menggambarkan identitas masyarakat Kotim. Untuk itu masyarakat harus berperan melestarikan kebudayaan daerah ini yang mulai terkikis oleh masuknya kebudayaan dari luar.
“Kebijakan seperti mewajibkan pegawai negeri mengenakan pakaian adat pada hari-hari tertentu, dinilai sebagai langkah positif,” pungkasnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!