DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Petugas Penyuluh Lapangan Dan Pendamping Petani Harus Diperbanyak

Anggota Komisi II DPRD Kotim, Abdul Khadir.

SAMPIT,GERAKKALTENG.COM – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), meminta agar pemerintah setempat bisa terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap para petugas pertanian dan petani di daerah ini.
“Tiap tahun harus ada anggaran untuk program tersebut, perlu adanya pembinaan dan peningkatan SDM mereka,” ujar anggota Komisi II, Abdul Khadir.
Menuru Khadir, sejauh ini para petani sudah memiliki lahan pertanian untuk bercocok tanam. Namun tanpa dibarengi dengan bekal pendidikan dari tenaga penyuluh di lapangan, hasil produksi pertanian diyakini tidak akan maksimal.
Ia menyebutkan, sektor pertanian harus tetap didukung penuh. Diantaranya mulai dari petugas penyuluh lapangan dan pendamping petani harus diperbanyak. Dengan begitu para petani mendapat bekal dalam mengelola pertanian mereka.
Menurutnya, banyak petugas lapangan yang mau pensiun maka perlu ada pengangkatan penggantinya. Pengganti ini apakah tenaga kontrak atau tenaga PNS.
“Harus dipikirkan setiap tahun, keberadaan tenaha penyuluh sangat dirasakan manfaatnya oleh petani kita,” pungkasnya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!