DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Tiga Instansi Pemko Palangka Raya Salurkan Zakat

Kepala Kemenag Kota Palangka Raya, H Baihaqi

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Kepala Kemenag Kota Palangka Raya, H Baihaqi menyebutkan, hingga saat ini ada tiga instansi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya yang telah menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Palangka Raya.

“Sudah ada tiga instansi lingkup pemko yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas,”ungkapnya, usai kegiatan pembagian paket dhuafa Ramadan 1440 H Tahun 2019 di halaman Kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Rabu (29/5/2019).

Disebutkan, ketiga instansi yang dimaksud tersebut antara lain Kesbangpol, Dinas Pendidikan dan Bappeda kota Palangka Raya.

Dengan adanya penyaluran zakat oleh ketiga instansi ini, setidaknya kata Baihaqi dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan partisipasi dari instansi-instansi dilingkup Pemko Palangka Raya lainnya dalam penyaluran zakat, infaq maupun shadaqah melalui Baznas.

Sementara kata dia, guna memaksimalkan potensi- potensi zakat , maka Baznas sudah membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang berada di instansi-instansi pemerintahan.

“Melalui UPZ inilah yang akan mengumpulkan dan kemudian menyampaikan zakat kepada Baznas kota Palangka Raya,”sebut Baihaqi.

Ditambahkannya, upaya memaksimalkan potensi- potensi zakat dari instansi suatu pemerintahan daerah, tidak lepas dari ketentuan dalam hal pengaturan. Yakni, UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang pendistribusian zakat, infaq dan shadaqah melalui Baznas.

Adapun dalam kegiatan pembagian paket dhuafa Ramadan 1440 H Tahun 2019 di halaman Kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Wakil Ketua IV Baznas Kota Palangka Raya, Saim Saleh menyebutkan total paket dhuafa yang dibagikan Baznas Palangka Raya ada sekitar 1.000 paket.

“Total yang dibagikan ada sekitar 1.000 paket, dibagikan untuk kaum dhuafa di Kota Palangka Raya,”sebutnya.

Dikatakan pemberian bantuan paket ramadan bagi kaum dhuafa diatur berdasarkan kupon yang sebelumnya dilakukan pendataan bagi calon penerima bantuan paket dhuafa.

Pendistribusian paket dhuafa itu sendiri dihadiri secara langsung Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Baihaqi. jajaran kepala OPD dan Forkopimda lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, serta Pengurus Baznas Kota Palangka Raya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!