DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Restocking 72 Ribu Bibit Ikan di DAS Sebangau

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Sebanyak 72 ribu ekor bibit ikan dilepasliaran (restocking) di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sebangau Kelurahan Kereng Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya.

Pelepasliaran ikan sebanyak itu dilakukan langsung Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin bersama jajarannya dilingkup Pemerintah Kota (Pemko) setempat.

“Sungai Sebangau ini cocok untuk hidup jenis ikan lokal seperti Ikan Biawan, Bapuyu, Kelabau maupun Ikan Gabus sesuai dengan habitat ekosistem diair tawar,”ungkap Faird, Rabu (19/6/2019), di Dermaga Kereng Bangkirai.

Dengan adanya restocking yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kota Palangka Raya ini, lanjut Fairid, maka setidaknya dapat menjaga kelangsungan hidup ikan lokal, dan dalam perkembangbiakannya, dapat meningkatkan produksi hasil tangkap nelayan guna kebutuhan masyarakat.

“Potensi produksi perikanan di kota ini cukup tinggi. Karena itu pengembangbiakan harus dilakukan agar kedepannya produksi ikan tangkap cukup baik,”ujarnya.

Adapun dalam kegiatan tersebut, pihaknya kata Fairid tidak hanya melakukan restocking, namun juga memberikan bantuan perahu bagi nelayan tangkap, dengan tujuan agar para nelayan ini dapat memaksimalkan hasil perikanan tangkapnya.

“Jika hasil ikan tangkap tinggi, tentu berdampak positif terhadap kebutuhan masyarakat. Terpenting lagi bias mengangkat ekonomi para nelayan itu sendiri,”tutur Fairid.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Helmi, mengatakan, jika kegiatan restocking sudah dilakukan pihaknya dalam beberapa tahun belakangan ini.

Terbukti kata dia, dari setiap tahunnya ada peningatkan yang signifikan untuk produksi ikan tangkap. Seperti di tahun 2018 lalu mengalami kenaikan mencapai 34,72 persen atau sebanyak 1.082 ton.

“Dengan adanya sumber ikan yang berlimpah, tentu akan mengangkat derajat nelayan itu sendiri,”sebut Helmi.

Adapun kegiatan restocking bibit ikan itu sendiri terdiri dari Ikan Biawan sebanyak 23.000 ekor, Ikan Papuyu sebanyak 37.000 ekor, Ikan Kelabau sebanyak 10.000 ekor, dan Ikan Gabus sebanyak 2.000 ekor.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!