DPRD Gunung MasGunung MasHEADLINE

Berharap Warganya Tidak ‘Alergi’ Donor Darah

"Padahal donor darah itu sebenarnya menyehatkan, karena tiap tiga bulan sekali berganti alias bersirkulasi. Tujuan lain adalah sosial, yaitu memberikan darah kepada orang-orang yang membutuhkan," ungkapnya, Jumat (5/7/2019).

FOTO : Anggota DPRD Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan mengajak, masyarakat di daerahnya tidak takut mendonorkan darahnya kepada organisasi Palang Merah Indonesia (PMI).

“Padahal donor darah itu sebenarnya menyehatkan, karena tiap tiga bulan sekali berganti alias bersirkulasi. Tujuan lain adalah sosial, yaitu memberikan darah kepada orang-orang yang membutuhkan,” ungkapnya, Jumat (5/7/2019).

Dia berharap, seiring berjalannya waktu kesadaran masyarakat mendonor darah semakin baik. Terlebih, kebutuhan darah di rumah sakit Kuala Kurun semakin banyak.

“Adapun manfaat kesehatan bagi pendonor, yaitu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis sekaligus mendeteksi penyakit serius.

“Bagi masyarakat memenuhi persyaratan dan ketentuan, saya mengajak mereka untuk mendonorkan darahnya secara rutin tiga bulan sekali,” ajaknya.

Anggota dewan kehormatan PMI Gunung Mas ini menuturkan, syarat yang dibutuhkan yaitu dalam keadaan sehat, berat badan minimal 45 kg, tidak menderita penyakit menular dan jumlah transfusi per tahun maksimal Iima kali dengan jarak transfusi minimal tiga bulan.

“Saya berharap, Pemkab Gunung Mas dapat memberi perhatian Iebih kepada PMI dengan cara memenuhi pelbagai sarana dan prasarana yang diperlukan, termasuk dalam hal anggaran,” tandasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!